Bola  

Yohanes Saut, Tunggal Putra Keempat Indonesia Peraih Gelar BWF 2023

Yohanes Saut Marcellyno menambah daftar tunggal putra Indonesia yang meraih gelar dalam kejuaraan badminton BWF 2023.


Jakarta, CNN Indonesia

Yohanes Saut Marcellyno menambah daftar tunggal putra Indonesia yang meraih gelar dalam kejuaraan badminton BWF 2023 usai menjuarai Guwahati Masters 2023, Minggu (10/12).

Laga final tunggal putra Guwahati Masters 2023 mempertemukan dua atlet pelatnas PBSI yakni Yohanes dan Alvi Wijaya Chairullah. Dalam laga final, Yohanes menang 21-12 dan 21-17 atas Alvi.

Dengan demikian Yohanes mengikuti jejak tiga seniornya yang meraih gelar dalam kejuaraan dibawah naungan Badminton World Federation.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jonatan Christie menjadi tunggal putra pertama Indonesia yang meraih gelar tahun ini. Jojo menjadi juara Indonesia Masters pada Januari 2023 setelah menumbangkan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Jojo tidak cuma meraih satu gelar pada tahun ini. Selain Indonesia Masters, pebulutangkis pelatnas asal Jakarta itu juga mengoleksi medali kampiun Hong Kong Open dan French Open.

Sementara tunggal putra kedua Indonesia yang meraih gelar pada tahun ini adalah Anthony Sinisuka Ginting. Atlet asal tim SGS PLN itu mengamankan gelar Singapore Open pada awal Juni 2023.

Sedangkan Chico menjadi atlet ketiga yang mengharumkan nama Indonesia di sektor tunggal putra usai meraih sukses di Taipei Open pada akhir Juni 2023.

Secara level turnamen, gelar Guwahati Masters yang diraih Yohanes merupakan level super 100 atau paling rendah dibandingkan prestasi tiga seniornya tersebut. Kendati demikian prestasi Yohanes patut dibanggakan karena menjadi satu-satunya atlet tunggal putra Indonesia yang bisa meraih juara di level super 100.

Sementara atlet lain asal Indonesia yang meraih gelar di level super 100 berasal dari sektor tunggal putri, ganda putra, dan ganda putri.

Yohanes pun menambah panjang daftar juara tunggal putra dari Indonesia di ajang BWF 2023. Dengan empat peraih gelar, Indonesia hanya kalah dari Jepang yang mencatatkan lima pemain sebagai juara dalam turnamen BWF 2023. Sementara negara lain seperti Denmark dan China hanya memiliki tiga orang juara.

Daftar Gelar Tunggal Putra Indonesia di Turnamen BWF 2023:

Jonatan Christie: Indonesia Masters, Hong Kong Open, French Open
Anthony Sinisuka Ginting: Singapore Open
Chico Aura Dwi Wardoyo: Taipei Open
Yohanes Saut Marcellyno: Guwahati Masters

[Gambas:Video CNN]

(nva/nva)

Sumber: www.cnnindonesia.com