Bola  

Vietnam, Tim ASEAN Paling Jatuh Usai Piala Asia


Jakarta, CNN Indonesia

Vietnam jadi tim dengan penurunan peringkat terbanyak usai Piala Asia 2023 (2024) digelar.

Vietnam datang ke Piala Asia dengan harapan bisa membuat kejutan seperti di Piala Asia 2019 saat mereka lolos ke babak perempat final. Namun Vietnam justru babak belur di Qatar.

Vietnam jadi juru kunci grup D lantaran selalu kalah dalam duel lawan Jepang, Indonesia, dan Irak. Vietnam tidak mampu meraih poin dan harus pulang dengan kondisi tertunduk lesu.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tiga kekalahan tersebut membuat Vietnam mengalami penurunan peringkat dalam daftar ranking FIFA terbaru. Berdasarkan prediksi footy ranking, Vietnam mengalami penurunan 12 peringkat.

Vietnam terlempar ke urutan 106 dunia, setelah sebelumnya duduk di posisi 94 dunia. Keterpurukan Vietnam dalam peringkat FIFA juga membuat ASEAN tidak lagi punya tim di posisi 100 besar dunia.

Vietnam juga tidak lagi jadi tim ASEAN dengan peringkat terbaik. Thailand kini kembali memegang status sebagai tim ASEAN terbaik dengan duduk di posisi 101 dunia.

Thailand sendiri sukses lolos ke babak 16 besar di saat mereka dibungkam oleh Uzbekistan. Namun Thailand berhasil mencatat satu kemenangan dan dua hasil imbang di fase grup. Hal itu yang membuat Thailand mendapatkan lonjakan 12 peringkat.

Di bawah Thailand dan Vietnam terdapat Malaysia (132), Filipina (139), Indonesia (142), Singapura (156), Myanmar (162), Kamboja (179), Laos (189), Brunei Darussalam (194), dan Timor Leste (200).

[Gambas:Video CNN]

t

(ptr)

Sumber: www.cnnindonesia.com