Bola  

Vietnam Incar Naturalisasi Bek, Berpotensi Sisihkan Si Kasar Van Hau

Striker timnas Vietnam U-22 Bui Vi Hao mengusung target mengerikan di SEA Games 2023. Ia bertekad minimal mencetak satu gol tiap pertandingan.


Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Vietnam melakukan persiapan yang hampir serupa dengan Timnas Indonesia untuk menghadapi Piala Asia 2023 (2024) yakni dengan mengincar pemain bertahan buat dinaturalisasi.

Justin Hubner menjadi pemain terkini yang mendapat status Warga Negara Indonesia guna kepentingan membela Skuad Garuda. Sementara Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes, yang juga direkomendasikan pelatih Shin Tae Yong, mengantre di belakangnya.

Langkah menaturalisasi pemain juga dilakukan Vietnam. Dikutip dari Bongda, Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) akan menaturalisasi bek Jason Quang Vinh Pendant setelah memastikan finalisasi proses alih warga negara kiper Filip Nguyen. 


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pendant merupakan pemain yang saat ini memperkuat klub Prancis Quevilly Rouen Metropole di Ligue 2. Berdasarkan keterangan dari situs Transfermarkt, Pendant dominan bermain sebagai bek kiri. Selain itu pemain 26 tahun itu bisa bermain sebagai gelandang kiri dan bek tengah.

Jebolan klub Sochaux dan New York Red Bull tersebut memiliki posisi yang sama seperti Doan Van Hau, pemain Vietnam yang terkenal akan permainan kasar di SEA Games dan Piala AFF.

Jika naturalisasinya berjalan lancar, Pendant bisa saja menyingkirkan Van Hau. Hanya saja Pendant merasa proses pergantian paspor akan memakan waktu lama.

“Naturalisasi saya masih berjalan, sepertinya masih harus melewati satu orang lagi, masih butuh waktu untuk menyelesaikannya,” kata Pendant.

Keinginan membela skuad Golden Star juga ada dalam diri Pendant yang mengaku sudah belajar bahasa Vietnam.

“Tentu kalau saya sudah memiliki kewarganegaraan dan dokumen yang cukup, Federasi Sepak Bola Vietnam bisa melirik saya jika saya tampil baik di Prancis.” ucap Pendant.

“Dalam beberapa tahun terakhir, saya juga sudah belajar bahasa Vietnam. Saya juga punya guru bahasa Vietnam saat saya bermain di Amerika Serikat, tetapi saya menggunakan aplikasi untuk belajar bahasa,” tuturnya.

[Gambas:Video CNN]

(nva/ptr)

Sumber: www.cnnindonesia.com