Bola  

Victoria Lee, Calon Juara MMA yang Meninggal di Usia Muda

Bintang muda MMA Victoria Lee, yang meninggal dunia belum lama ini, memiliki potensi menjadi juara dunia mengikuti jejak kedua sang kakak.

Jakarta, CNN Indonesia

Bintang muda atau rising star cabang olahraga mixed martial art (MMA) Victoria Lee, yang meninggal dunia belum lama ini, memiliki potensi menjadi juara dunia mengikuti jejak kedua sang kakak.

Angela Lee, saudara Victoria, yang mengabarkan berita duka tersebut lewat Instagram. Victoria meninggal pada 26 Desember 2022, tetapi baru diumumkan pada Minggu (8/1) malam.

Hanya saja tidak dijelaskan alasan atlet asal Hawaii, Amerika Serikat, tersebut meninggal di usia 18 tahun. Banyak spekulasi muncul, namun pihak keluarga memilih menyimpannya.

Victoria adalah adik dari atlet MMA Angela Lee dan Christian Lee. Anak dari pasangan ayah berdarah Singapura (Ken Lee) dan ibu Korea-Kanada (Jewelz Lee) pada 17 Mei 2004.

Angela dan Christian saat ini merupakan juara ONE Championship. Angela di kelas atom putri, sementara Christian di kelas ringan putra.

Sedari belia Victoria sudah bergelut dengan dunia beladiri. Tinggal bersama kakak dan abang yang berprofesi sebagai atlet, membuat Victoria juga terobsesi dengan olahraga seni pertarungan.

Pada 2019, saat masih 15 tahun, ia sudah menjadi juara dunia junior pankration, olahraga gabungan gulat dan tinju dari Yunani.

Pada tahun yang sama ia juga juara dunia junior IMMAF yang merupakan ajang amatir bagi atlet MMA.

Setahun berikutnya Victoria mempertahankan dua gelar di kelas 57 kilogram. Dua kali juara dunia junior ini membuat namanya jadi perhatian besar.

Tepat pada 30 September 2020, Victoria resmi mendapat kontrak dari ONE Championship. Ia menjadi atlet termuda yang dikontrak ONE, usia 16, untuk divisi strawweight atau berat kurang dari 52,2 kg.

Penganut beladiri Jujitsu Brasil ini lantas melakukan debut pada 26 Februari 2021. Victoria bertarung dengan Sunisa Srisen di Kallang dan menang lewat rear naked choke.

Pertarungan keduanya berlangsung pada 30 Juli 2021 dengan melawan Wang Luping. Sama seperti duel pertama, ia kembali menang lewat submission, tetapi kali ini dengan triangle armbar. Victoria membukukan kemenangan pada ronde pertama.

Tak sampai dua bulan, Victoria kembali bertarung. Kali ini melawan Victoria Souza dan untuk pertama kalinya menang lewat pukulan (punches) dengan status TKO.

Ternyata duel ketiga yang membuat namanya menggema, jadi yang terakhir. Pada akhir 2022, Victoria disebut akan menjalani laga keempat melawan salah satu petarung India Zeba Bano pada awal 2023.

Alih-alih bertanding, setelah tidak bertarung selama satu tahun, Victoria si calon bintang MMA dinyatakan meninggal dunia.

[Gambas:Video CNN]

(abs/nva)




Sumber: www.cnnindonesia.com