Bola  

Van Hau ‘Tukang Jagal’ Vietnam Berpotensi Absen Lawan Indonesia

Bek Vietnam Doan Van Hau akhirnya menanggapi sindiran pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong via media sosial soal aksi


Jakarta, CNN Indonesia

Full back kiri timnas Vietnam Doan Van Hau masih belum bisa dipastikan tampil saat skuad Golden Star menghadapi Timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada pertengahan Maret.

Van Hau yang absen membela timnas Vietnam sejak November 2023 disebutkan masih harus menjalani perawatan cedera tendon achilles.

VTC News menyatakan Van Hau masih harus beristirahat tiga hingga enam bulan sejak tindakan medis yang dilakukan di Singapura pada November 2023.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jika dinyatakan belum pulih benar, Van Hau bakal absen membela klub Cong An Ha Noi dan timnas Vietnam.

Van Hau merupakan pemain berpengalaman di level timnas. Meski baru 24 tahun, Van Hau sudah mengemas 37 caps dan satu gol. Pemain yang pernah dikontrak tim Heerenveen itu menjadi andalan Park Hang Seo ketika masih menjadi pelatih Vietnam.

Pengalaman Van Hau dibutuhkan Philippe Troussier yang mengincar hasil positif saat menghadapi Indonesia sekaligus membalas kekalahan di ajang Piala Asia 2023.

Tanpa Van Hau di Piala Asia lalu, Troussier mengandalkan pemain-pemain yang lebih muda seperti Vo Minh Trong, Giap Tuan Duong, dan Phan Tuan Tai.

Van Hau adalah pemain Vietnam yang cukup ‘akrab’ dengan suporter Indonesia. Perkenalan pertama Van Hau dengan Timnas Indonesia terjadi pada final SEA Games 2019. Ketika itu Van Hau melanggar kaki Evan Dimas hingga mantan pemain Timnas Indonesia U-19 itu harus menggunakan kursi roda dalam prosesi penyerahan medali.

Pada Piala AFF 2022, aksi Van Hau yang kasar saat melawan Malaysia dan Indonesia sempat mendapat sorotan.

Pada laga semifinal melawan Indonesia, Dendy Sulistyawan dan Ricky Kambuaya, menjadi korban tekel Van Hau. Sementara Asnawi Mangkualam mendapat sikut pemain 24 tahun tersebut.

Indonesia akan bertemu Vietnam dua kali pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 yakni pada 21 Maret dan 26 Maret. Pertemuan pertama bakal berlangsung di Jakarta dan lima hari berselang kedua negara akan berlaga di Hanoi.

Indonesia menjadi juru kunci di klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah kalah 1-5 dari Irak dan bermain imbang 1-1 dengan Filipina pada dua laga yang berlangsung November 2023.

Sementara Irak memimpin klasemen dengan dua kemenangan, disusul Vietnam dengan satu kemenangan dan satu kekalahan. Poin Indonesia setara Filipina, namun selisih gol membuat Tim Merah Putih kalah dari The Azkals.

[Gambas:Video CNN]

(nva/nva)

Sumber: www.cnnindonesia.com