Bola  

Uji Coba Jelang Piala Asia: Malaysia Meyakinkan, Indonesia Kesulitan

Pelatih Timnas RI Shin Tae Yong mengaku puas dengan performa Jordi Amat cs meski kalah 1-2 dari Libya pada laga uji coba kedua di Antalya, Turki, Jumat (5/1).


Jakarta, CNN Indonesia

Malaysia menjadi tim Asia Tenggara dengan persiapan paling meyakinkan dalam uji coba jelang tampil di Piala Asia 2023. Sedangkan Timnas Indonesia menjadi tim yang paling kesulitan.

Indonesia menelan tiga kekalahan dalam uji coba jelang Piala Asia 2023. Setelah dua kalah dari Libya dengan skor 0-4 dan 1-2, tim Garuda kemudian kalah telak 0-5 dari Iran di Doha, Qatar, Selasa (9/1).

Timnas Indonesia menjadi tim yang menggelar uji coba terbanyak jelang Piala Asia 2023. Thailand, Vietnam, dan Malaysia sama-sama menggelar satu pertandingan uji coba.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di antara keempat tim ASEAN, timnas Malaysia menjadi tim dengan persiapan paling meyakinkan jelang Piala Asia 2023. Tim asuhan Kim Pan Gon itu berhasil menahan imbang Suriah 2-2 pada laga uji coba di Doha, 8 Januari lalu. Suriah merupakan tim dengan ranking FIFA 92 dunia.

Vietnam menelan kekalahan 1-2 dari Kirgistan yang merupakan tim peringkat 97 dunia. Malaysia sebelumnya sukses mengalahkan Kirgistan 4-3 pada Kualifikasi Piala Dunia 2026, 16 November lalu.

Sementara Thailand menelan kekalahan telak 5-0 dari Jepang. Kekalahan telak itu tidak mengejutkan, karena Jepang merupakan tim terbaik di Asia saat ini dengan berada di ranking FIFA nomor 21 dunia.

Kekalahan telak Thailand dari Jepang tidak begitu berbeda kondisinya dari kekalahan telak Indonesia dari Iran. Pasalnya, Jepang dan Iran merupakan dua tim terbaik di Asia saat ini.

Selanjutnya empat tim raksasa ASEAN akan tampil di Piala Asia 2023. Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

Malaysia di Grup E bersama Korea Selatan, Yordania, dan Bahrain. Sedangkan Thailand tergabung di Grup F bersama Arab Saudi, Kirgistan, dan Oman.

Hasil uji coba Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Malaysia jelang Piala Asia 2023:

Indonesia

2 Januari: Indonesia 0-4 Libya
5 Januari: Indonesia 1-2 Libya
9 Januari: Indonesia 0-5 Iran

Thailand

1 Januari: Thailand 0-5 Jepang

Vietnam

9 Januari: Vietnam 1-2 Kirgistan

Malaysia

8 Januari: Malaysia 2-2 Suriah

[Gambas:Video CNN]

(har)


Sumber: www.cnnindonesia.com