Bola  

Timnas Vietnam Kehilangan Pemain Bintang di Piala AFF 2022

Pemain andalan timnas Vietnam Nguyen Quang Hai dipastikan tidak akan tampil di Piala AFF 2022.
Jakarta, CNN Indonesia

Pemain andalan timnas Vietnam Nguyen Quang Hai dipastikan tidak akan tampil di Piala AFF 2022.

Kepastian Quang Hai absen dikonfirmasi oleh Federasi Sepak Bola Vietnam VFF pada Sabtu (29/10). Gelandang 25 tahun itu tidak mendapat izin dari klub Liga Prancis Pau FC untuk membela timnas Vietnam.

“Piala AFF 2022 bukan bagian dari kalender FIFA, jadi Pau FC berhak menolak pemanggilan pemain. Kami telah memberi tahu pelatih Park Hang Seo untuk segera menyiapkan rencana. Masih ada rencana darurat,” kata perwakilan VFF Thien Phong dikutip dari TheThao247.

Ini menjadi kehilangan besar bagi The Golden Star karena Quang Hai adalah pemain kunci yang kerap menjadi andalan Hang Seo.

Quang Hai mau tak mau harus patuh pada klubnya yang akan menjalani jadwal padat. Dalam waktu dekat Pau FC akan melakoni laga Piala Prancis melawan Salinieres Aigues Mortes.

Pemain yang bisa bermain sebagai gelandang serang dan winger itu diperkirakan bakal menjadi pilihan utama tim karena lawan yang akan dihadapi merupakan tim amatir divisi kelima Prancis.

Quang Hai yang baru melebarkan sayapnya ke Eropa pada pertengahan 2022 mendapat kesempatan bermain 10 kali di Ligue 2 bersama Pau FC. Ia baru mencetak satu gol musim ini untuk Pau FC di Ligue 2.

Di satu sisi, Quang Hai mengungkapkan keinginannya memperkuat Vietnam untuk Piala AFF 2022. Ia sempat pulang ke negaranya untuk mengikuti sebuah turnamen persahabatan internasional pada September lalu.


“Saya dan pelatih Park [Hang Seo] berdiskusi. Saya pribadi punya hasrat bermain di turnamen apapun di timnas. Namun, apakah saya bisa bersaing di PIala AFF 2022 tergantung pada klub,” ujar Quang Hai.

Selain Quang Hai yang absen, bintang Asia Tenggara yang tidak akan nampak batang hidungnya adalah andalan Thailand Chanathip Songkrasin yang saat ini membela klub Kawasaki Frontale. Pemain 29 tahun itu ingin fokus mengembalikan kondisi fisiknya karena intensitas Liga Jepang yang tinggi.

[Gambas:Video CNN]

(nva/nva)



Sumber: www.cnnindonesia.com