Bola  

Timnas Putri Cetak Sejarah usai Juara FIBA Women’s Asia Cup Divisi B

Timnas Basket Putri Indonesia sukses mencetak sejarah promosi ke Divisi A usai merebut gelar juara FIBA Women

Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Basket Putri Indonesia sukses mencetak sejarah promosi ke Divisi A usai merebut gelar juara FIBA Women’s Asia Cup 2023 Divisi B, Sabtu (19/8).

Timnas basket putri memastikan naik kasta ke Divisi A setelah berhasil mengalahkan Iran 55-54 di final FIBA Women’s Asia Cup 2023 Division B di Nimibutr Stadium Thailand.

Ini merupakan capaian spektakuler kedua tahun ini untuk Timnas Basket Putri Indonesia. Sebelumnya mereka sukses meraih medali emas SEA Games 2023 dari basket 5on5 putri.

Torehan sejarah di Thailand lebih membanggakan karena Timnas Putri mampu menjaga tradisi menang sejak SEA Games 2023. Sejak saat itu, mereka tak terkalahkan di 11 pertandingan.

Istimewanya lagi, sejarah yang tersaji di Nimibutr Stadium ini bertepatan dengan bulan kelahiran Negara Republik Indonesia yang dirayakan setiap tanggal 17 Agustus.

“Kami bangga padamu Timnas Putri. Juara FIBA Women’s Asia Cup 2023 Division B dan promosi ke Divisi A,” terang Ketum PP PERBASI Danny Kosasih.

Sejarah yang diukir Timnas Putri di Nimibutr Stadium ini tidak mudah. Para pemain harus bekerja keras hingga kuarter terakhir untuk menjaga dominasi atas lawannya.

Dalam pertandingan ini, Timnas Putri mengawalinya dengan kondisi tertinggal. Namun, perjuangan Srikiandi Indonesia membuahkan kemenangan di akhir laga.

“Selamat untuk Timnas Putri. Juara di FIBA Women’s Asia Cup 2023 Division B dengan catatan tak terkalahkan dalam 11 pertandingan sejak SEA Games 2023 Kamboja. Ini sejarah bagi bola basket Indonesia karena kali pertama masuk Divisi A. Kesuksesan ini kado untuk HUT ke-78 RI,” ujar Sekjen PP PERBASI Nirmala Dewi.

Bagi Indonesia, ini adalah kemenangan kedua mereka atas Iran di ajang ini. Sebelumnya kedua tim sempat ketemu di Penyisihan Grup A dengan skor 65-56.

[Gambas:Video CNN]

(jun)


Sumber: www.cnnindonesia.com