Bola  

Timnas Indonesia Tutup 2023 di Peringkat 146 Dunia

Fachruddin memberi kata-kata semangat sebelum pertandingan melawan Filipina di Piala AFF 2022,  Senin (2/1).


Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia menutup tahun 2023 dengan duduk di posisi 146 dunia dalam daftar peringkat FIFA yang dirilis 21 Desember.

Indonesia duduk di posisi 146 dunia dengan koleksi 1064,01 poin. Indonesia berjarak 22,16 poin dari Filipina yang ada di batas akhir zona 140 besar dunia.

Torehan poin terakhir negara-negara didapat pada ajang Kualifikasi Piala Dunia dan FIFA Matchday di bulan November. Saat itu Indonesia mencatat hasil kurang memuaskan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indonesia kalah dari Irak dengan skor telak 1-5 pada laga perdana Kualifikasi Piala Dunia. Sedangkan di laga kedua, Indonesia harus puas bermain imbang 1-1 lawan tuan rumah Filipina.

Raihan satu angka dari dua laga awal itu juga membuat Indonesia tertinggal jauh dari Irak yang sudah mengoleksi enam poin dan duduk sebagai pemuncak grup. Vietnam ada di posisi kedua dengan torehan tiga angka di tangan.

Pengumuman peringkat FIFA berikutnya bakal ada di Februari mendatang. Indonesia punya peluang bagus untuk mendapat banyak poin lantaran lolos ke putaran final Piala Asia yang digelar di Januari 2024.

Namun tentunya torehan poin maksimal hanya bisa diraih bila Indonesia mampu mencatat hasil baik di Piala Asia. Di fase grup, Indonesia berada satu grup dengan Irak dan Vietnam yang juga jadi musuh di Kualifikasi Piala Dunia, ditambah raksasa Asia yaitu Jepang.

Keberadaan tiga lawan berat ini membuat usaha Timnas Indonesia untuk lolos dari fase grup tidak akan bisa berjalan dengan mudah. Namun ada peluang lolos hingga jalur peringkat tiga terbaik membuat kans untuk lolos dari fase grup terbilang terbuka bagi Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia saat ini sedang menjalani latihan di Turki. Dalam pemusatan latihan itu, Timnas Indonesia juga akan melakukan uji coba lawan Libya. Dari 29 nama yang saat ini mengikuti pemusatan latihan, nantinya bakal mengerucut jadi 23 nama untuk Piala Asia.

[Gambas:Video CNN]

(ptr/sry)

Sumber: www.cnnindonesia.com