Bola  

Timnas Indonesia, Bagai Pungguk Merindukan Bulan Piala AFF 2022?

Timnas Indonesia ditarget meraih juara Piala AFF 2022. Apakah target itu bagai pungguk merindukan bulan?

Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia ditarget meraih gelar juara Piala AFF 2022 yang akan berlangsung mulai 20 Desember ini. Apakah ini yang namanya pungguk merindukan bulan?

Pungguk merindukan bulan adalah peribahasa Indonesia yang kira-kira bermakna hasrat menginginkan sesuatu yang sulit diraih. Peribahasa ini dirasa pas untuk Timnas Indonesia walau sangat berpeluang salah.

Situasinya, Timnas Indonesia menatap Piala AFF 2022 dengan kondisi tidak ideal. Pemain datang ke pemusatan latihan tanpa menjalani kompetisi sejak awal Oktober dan persiapan ini tak dibarengi laga uji coba.

Pemain-pemain Timnas, ibaratnya datang ke pemusatan latihan dengan kaki kaku, lemak menggumpal, dan stamina kendur. Situasi seperti ini tak pernah dialami Timnas Indonesia.

Karenanya Shin Tae Yong merancang program pelatihan fisik yang ketat. Kondisi pemain dinilai sangat tidak ideal untuk sebuah turnamen yang berlangsung dengan durasi jeda pertandingan hanya dua hari.

Sudah cuma dua hari, harus melakukan perjalanan panjang. Tim Garuda harus menjalani dua laga kandang dan dua laga tandang ke Kuala Lumpur (melawan Brunei) dan Manila (menghadapi Filipina).

Itu pula yang menjadi landasan untuk tak menggelar laga uji coba. Ini kontras dengan Thailand juga Vietnam sebagai dua kandidat kuat juara Piala AFF 2022, yang rajin menggelar laga persahabatan.

Beruntungnya, dua lawan awal yang akan dihadapi Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan adalah tim guram. Lawan perdana Timnas Indonesia adalah Kamboja dan kedua Brunei. Setelah itu lawan Thailand dan Filipina.

[Gambas:Video CNN]

Dua pertandingan awal, meski juga tak bisa diremehkan, bisa menjadi sarana pemanasan. Kamboja dan Brunei punya potensi mengejutkan, tetapi sejarah membuktikan keduanya belum pernah menang atas Indonesia di Piala AFF.

Itu pula mengapa pertandingan melawan Thailand menjadi ujian sesungguhnya. Menghadapi tim yang mengandaskan Timnas di final Piala AFF 2020 (2021) ini akan menjadi tolok ukur kinerja Shin dan pemain.

Adapun Filipina tak bisa dipandang sebelah mata. Selain The Azkals semakin berkembang, duel ini akan berlangsung di Manila setelah bertempur dengan Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Bersambung ke halaman berikutnya…



Kisah 1991 dan Pemain ‘Asing’

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Sumber: www.cnnindonesia.com