Bola  

Thailand, Satu-satunya Tim yang Belum Kebobolan di Piala Asia


Jakarta, CNN Indonesia

Thailand saat ini memegang predikat sebagai satu-satunya tim yang belum kebobolan di Piala Asia 2023 (2024).

Hal tersebut terjadi usai Qatar kebobolan satu gol oleh Oday Dabbagh saat mereka menang 2-1 lawan Palestina. Kegagalan Meshaal Barsham mengantisipasi tendangan Dabbagh dengan sempurna membuat Qatar untuk kali pertama kebobolan di Piala Asia.

Seiring runtuhnya status tak kebobolan milik Qatar, Thailand otomatis kini menyandang status sebagai satu-satunya tim yang belum kebobolan di Piala Asia. Thailand baru akan memainkan laga babak 16 besar mereka lawan Uzbekistan pada Selasa (30/1).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Thailand menampilkan pertahanan yang solid di Piala Asia 2023. Meski menghadapi serbuan Kirgistan, Oman, dan Arab Saudi, Thailand bisa lolos fase grup dengan status tanpa kebobolan.

Thailand lolos dengan koleksi lima poin di tangan dan jadi runner up grup F. Thailand meraih tiga poin usai menang 2-0 lawan Kirgistan. Di dua laga berikutnya, Thailand bermain imbang tanpa gol lawan Oman dan Arab Saudi.

Tantangan bagi Thailand di laga lawan Uzbekistan adalah mencetak gol dan meruntuhkan pertahanan Uzbekistan. Terlepas dari Thailand belum kebobolan, Tim Gajah Perang juga hanya satu kali berhasil mencetak gol dari tiga pertandingan yang dijalani.

Uzbekistan sendiri termasuk tim dengan pertahanan yang solid. Mereka baru kebobolan satu gol sepanjang laga Piala Asia digelar. Momen itu terjadi ketika mereka bermain 1-1 lawan Australia.

Thailand kini juga jadi wakil Asia Tenggara terakhir yang masih bertahan. Sebelumnya, Timnas Indonesia sudah tersingkir di babak 16 besar karena kalah 0-4 dari Australia sementara Vietnam dan Malaysia sudah terhenti di fase grup.

[Gambas:Video CNN]

(ptr/har)

Sumber: www.cnnindonesia.com