Bola  

Teriakan ‘Matilah Isreal’ Menggema di Laga Iran vs Palestina

Duel Iran vs Palestina pada Grup C Piala Asia 2023 di Stadion Education City diwarnai aksi damai dukungan terhadap Palestina dari serangan Israel.


Jakarta, CNN Indonesia

Duel Iran vs Palestina pada Grup C Piala Asia 2023 di Stadion Education City, Al Rayyan, Minggu (15/1), diwarnai aksi damai dukungan terhadap Palestina dari serangan Israel.

Iran sukses mengalahkan Palestina 4-1 pada laga pertama Piala Asia 2023. Laga ini diwarnai sejumlah aksi damai, baik dari suporter Iran dan Palestina, terhadap serangan Israel di Gaza.

Duel Iran vs Palestina digelar tepat di hari ke-100 perang di Gaza. Dikutip dari AFP, sebanyak 27.619 penonton di Stadion Education City mengheningkan cipta untuk para korban konflik. Teriakan ‘Bebaskan Palestina’ dari sebagian suporter sukses memecah keheningan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bendera raksasa bertuliskan ‘Bebaskan Palestina’ juga berkibar di salah satu tribune penonton. Teriakan ‘Palestina, Palestina’ juga terdengar baik di luar stadion sebelum laga berlangsung dan di dalam stadion.

“Setidaknya hal ini yang bisa kami lakukan untuk negara kami. Semoga Tuhan membantu kami di Gaza dan Palestina, dan InsyaAllah kami bisa menang hari ini,” ujar Youssef Nasser Issa, salah satu suporter timnas Palestina yang berprofesi sebagai insinyur biomedis.

Iran unggul 3-1 atas Palestina di babak pertama. Pencetak gol kedua Iran, Shojae Khalilzadeh, terlihat tidak ingin merayakan gol secara berlebihan untuk menghormati timnas Palestina.

Kemarahan suporter di Stadion Education City terhadap Israel juga terdengar saat akhir babak pertama. Suara-suara kemarahan terhadap Israel kali pertama dilakukan suporter Iran.

“Pada paruh pertama pertandingan, di mana Palestina kalah 1-4, puluhan pendukung Iran memimpin teriakan ‘Matilah Israel’ dalam bahasa Arab. Kelompok yang sama juga meneriakkan ‘Palestina, Palestina’, juga dalam bahasa Arab,” tulis AFP.

Timnas Iran untuk sementara memimpin klasemen Grup C Piala Asia 2023 dengan keunggulan selisih gol atas Uni Emirat Arab.

[Gambas:Video CNN]

(har)


Sumber: www.cnnindonesia.com