Bola  

Tekuk Tajikistan 1-0, Qatar Lolos ke 16 Besar

Qatar menang tipis 1-0 atas Tajikistan pada pertandingan kedua Grup A Piala Asia 2023 di Stadion Al Bayt, Rabu (17/1).


Jakarta, CNN Indonesia

Qatar lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 usai menang tipis 1-0 atas Tajikistan pada pertandingan kedua Grup A di Stadion Al Bayt, Rabu (17/1).

Tuan rumah Qatar unggul lebih dulu pada menit ke-17 melalui sontekan Akram Afif. Menerima umpan terobosan Almoez Ali dari lini tengah, Afif mengandalkan kecepatannya mengejar bola.

Afif yang kemudian berhadapan satu lawan satu dengan kiper Rustam Yatimov tanpa kesulitan menjaringkan bola. Lewat sontekan kaki kanan, Afif menempatkan bola ke sisi kana gawang Tajikistan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada menit ke-43 bek Dzhuraboev membuat penyelamatan krusial. Penyelamatan itu bermula dari kiper Yatimov yang hampir blunder saat menangkap tendangan Akram Afif.

Yatimov gagal menangkap bola dengan sempurna. Bola jatuh di kaki Almoez Ali yang berada di depannya. Ali melepaskan tembakan kaki kiri namun dihalau Dzhuraboev. Qatar gagal menambah keunggulan jadi 2-0.

Tendangan kaki kanan Akram Afif dari luar kotak penalti hanya melayang tipis di atas gawang Tajikistan. Qatar unggul 1-0 pada babak pertama.

Qatar memiliki sejumlah peluang gol pada babak kedua, salah satunya lewat Almoez Ali pada menit ke-54.

Hanya saja, Ali gagal memanfaatkan peluang emas itu setelah menerima umpan terobosan Afif. Tendangan kaki kanan Ali yang lolos dari posisi offside tidak sempurna, sehingga bola bisa diblok kiper Yatimov.

Tajikistan hampir mencetak gol penyeimbang di pertengahan babak kedua. Akan tetapi tendangan Allisher Dzhalilov ke-62 terlalu lemah, sehingga dengan mudah diamankan kiper Meshaal Barsham.

Pada menit ke-81 Tajikistan harus bermain dengan 10 orang setelah Amadoni Kamolov dikartu merah langsung wasit Hiroyuki Kimura usai menendang Ahmed Al Ganehi.

Qatar yang unggul jumlah pemain mencoba memanfaatkan situasi dengan terus menyerang Tajikistan. Akan tetapi tuan rumah gagal memanfaatkan kesempatan itu lantaran bermasalah dengan minimnya umpan kunci yang bisa jadi peluang gol.

Sundulan Akram Afif pada menit injury time yang memanfaatkan umpan silang dari sisi kanan ditangkap Yatimov.

Meski bermain dengan 10 orang Tajikistan tetap menunjukkan perlawanan sengit dengan menyerang balik Qatar. Tetapi sampai pertandingan usai, Qatar menang 1-0 atas Tajikistan.

Kemenangan tipis tersebut cukup membawa Qatar lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 usai sebelumnya menang 3-0 atas Lebanon.

Susunan Pemain Tajikistan vs Qatar:

Tajikistan: Yatimov; Safarov, Khanonov, Zhuraboev, Nazarov; Kamolov, Umarbayev, Shukurov, Panjshanbe; Soirov, Dhalilov.

Qatar: Barsham; Al Rawi, Salman, Mendes, Waad; Meshaal, Fathy, Gaber; Ismaeel, Ali, Afif.

[Gambas:Video CNN]

(sry)

Sumber: www.cnnindonesia.com