Bola  

Tantangan Indonesia Taklukkan Raksasa Thailand

Timnas voli putri Indonesia akan menghadapi tantangan besar saat menghadapi Thailand yang memiliki rekor baik di SEA V League 2023.

Jakarta, CNN Indonesia

Timnas voli putri Indonesia akan menghadapi tantangan besar saat menghadapi Thailand yang memiliki rekor apik di SEA V League 2023.

Berbeda dengan timnas voli putra yang memiliki kekuatan beda-beda tipis dengan Thailand, ada jarak cukup besar jika berbicara kekuatan timnas voli putri.

Thailand merupakan negara penguasa voli putri Asia Tenggara. Dari tiga seri penyelenggaraan SEA V League, Thailand selalu berhasil menjadi juara yakni pada SEA V League 2019 seri 1 dan seri 2, serta SEA V League 2022.

Dalam kompetisi berformat round robin sejak empat tahun lalu, Thailand begitu kukuh di puncak. Thailand hanya kehilangan dua set pada SEA V League 2019 seri 1 dan tanpa pernah kehilangan set pada seri 2 di tahun yang sama. Begitu pula pada tahun lalu ketika menyapu bersih kemenangan dengan skor 3-0 melawan Indonesia, Vietnam, dan Filipina.

Kekuatan Thailand juga begitu terasa di SEA Games. Gelar juara seakan sudah menjadi pasti berada di tangan tim Negeri Gajah Putih.

Tradisi memukau Thailand di pentas voli putri bahkan menembus Asia dan dunia. Thailand langganan medali di Asian Games, Asian Championship, dan Asian Cup.

Timnas putri Thailand juga masuk dalam jajaran kaliber Nations League dan berada di level Kejuaraan Dunia.

Nama besar Thailand menjadi pekerjaan rumah, tak hanya bagi timnas voli, tetapi juga bagi federasi agar bisa menyaingi dan menyalip kekuatan sang rival.

Belum diketahui tim yang akan diturunkan Thailand di SEA V League 2023, namun berkaca pada pengalaman sebelumnya tim utama bakal tetap diturunkan jika tidak ada bentrok dengan agenda lain.

Dengan demikian bisa jadi Indonesia akan menghadapi skuad Thailand yang mengikuti Nations League beberapa waktu lalu seperti Srithong Wipawee, Moksri Chatchu On, Pannoy Piyanut, dan Kokram Pimpichaya.

[Gambas:Video CNN]

(nva/nva)



Sumber: www.cnnindonesia.com