Bola  

STY Unggah Pelanggaran Brutal Van Hau, Bek Malaysia Ikut Jadi Korban

Doan Van Hau meminta bantuan kepada suporter Vietnam untuk memenuhi Stadion My Dinh saat hadapi Indonesia pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022.

Jakarta, CNN Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong mengunggah tiga momen pelanggaran yang dilakukan pemain Vietnam Doan Van Hau.

Shin Tae Yong mengunggah video singkat saat Van Hau melanggar pemain lawan dengan keras di akun Instagram miliknya pada Minggu (8/1). Terdapat tiga potongan video dalam unggahan pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Video pertama memperlihatkan pelanggaran brutal Van Hau kepada penyerang Timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 6 Januari lalu. Mantan pemain Heereenven itu melakukan tekel dua kali saat berduel dengan Dendy di area permainan Vietnam.

Pelanggaran yang dilakukan Van Hau sampai menyebabkan aksi saling dorong antarpemain. Namun wasit Omar Mubarak yang memimpin pertandingan hanya memberikan peringatan dan tidak ada kartu yang keluar dari sakunya.

Video kedua yang diunggah Shin Tae Yong memperlihatkan pelanggaran Van Hau kepada Ricky Kambuaya di kotak penalti Vietnam pada masa injury time babak kedua. Kambuaya lebih dulu menjangkau bola disusul dengan sapuan Van Hau yang tampak jelas justru mengenai kaki pemain Persib Bandung tersebut.

Namun tidak ada penalti yang dihadiahkan wasit kepada Timnas Indonesia atas pelanggaran yang dilakukan Van Hau.

Video ketiga merupakan tayangan pertandingan Vietnam vs Malaysia di babak penyisihan grup. Alih-alih mengamankan bola dari kejaran pemain lawan, Van Hau justru tampak jelas berupaya menyikut bek Malaysia, Azam Azmi yang naik membantu serangan.

“Tidak boleh ‘usaha para pemain’ yang dibuat selama ini tenggelam karena wasit. Wasit dan pemain harus fairplay sama-sama dan saya berharap semoga tidak lagi ada kejadian seperti ini,” tulis Shin Tae Yong dalam unggahannya.

Timnas Indonesia akan melakoni laga penentuan kontra Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Senin (9/1). Hasil imbang dengan gol sudah cukup untuk melapangkan jalan Dendy dan kawan-kawan ke final untuk bertemu pemenang laga Thailand vs Malaysia.

[Gambas:Video CNN]

(jal)







Sumber: www.cnnindonesia.com