Bola  

STY Ubah Penendang Penalti dari Struick ke Asnawi, Ada Apa?

Shin Tae Yong memutuskan mengubah penendang penalti dari Rafael Struick ke Asnawi Mangkualam saat Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam di Piala Asia 2023.


Jakarta, CNN Indonesia

Shin Tae Yong memutuskan untuk mengubah penendang penalti dari Rafael Struick ke Asnawi Mangkualam saat Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam 1-0 pada laga Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (19/1).

Indonesia membuka peluang lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 setelah menang 1-0 atas Vietnam. Gol penalti Asnawi pada menit ke-42 menjadi penentu kemenangan tim Garuda atas tim rival Asia Tenggara itu.

Penalti didapat Indonesia setelah Struick dilanggar Nguyen Thanh Binh. Usai wasit Sadullo Gulmurodi menunjuk titik putih, Struick terlihat memegang bola di dalam kotak penalti Vietnam. Terlihat Pratama Arhan memberi semangat kepada striker ADO Den Haag itu sebelum menendang.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun beberapa saat kemudian terlihat Asnawi yang memegang bola di kotak penalti Vietnam. Kapten Timnas Indonesia mendapat semangat dari Arhan dan Justin Hubner sebelum melakukan eksekusi.

Shin Tae Yong mengaku sengaja memerintahkan pergantian penendang penalti Indonesia dari Struick ke Asnawi.

“Itu benar bahwa saya memerintahkan pergantian penendang penalti. Saya pikir Asnawi lebih percaya diri. Dia punya perasaan yang bagus terhadap bola, meski dia belum pernah mencetak gol,” ujar STY.

“Untungnya Asnawi menendang penalti dengan sangat akurat, memberi kemenangan untuk tim,” ucap Shin Tae Yong dikutip dari Soha.

Asnawi tanpa ragu menendang bola ke arah sisi kanan gawang Vietnam dan mengecoh kiper Nguyen Filip. Ini adalah gol kedua Asnawi bersama Timnas Indonesia sejak mencetak gol lewat tendangan penalti melawan Laos pada ajang Piala AFF 2020.

Asnawi mengaku siap saat dipercaya Shin Tae Yong menjadi penendang penalti Timnas Indonesia. Pemain yang baru saja meninggalkan Jeonnam Dragons itu berpasrah kepada Tuhan.

“Memang itu instruksi dari pelatih dan sudah ditentukan. Siapa pun yang diberikan tanggung jawab harus siap mengeksekusi dengan baik dan bantu tim menuju kemenangan. Jadi siapa saja harus siap. Saya menyerahkan semuanya kepada Tuhan dan alhamdulillah bisa mengeksekusi dengan tenang,” ujar Asnawi.

[Gambas:Video CNN]

(har)


Sumber: www.cnnindonesia.com