Bola  

STY Tegaskan Indonesia Tak Pantas Ada di Ranking FIFA 146 Dunia

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong menilai tim Garuda pantas berada di posisi yang lebih tinggi di ranking FIFA usai dikalahkan Jepang di Piala Asia 2023.


Jakarta, CNN Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong menilai anak asuhnya pantas berada di posisi yang lebih tinggi dalam ranking FIFA usai dikalahkan Jepang di Piala Asia 2023.

Berdasarkan rilis per 21 Desember 2023, Indonesia menempati posisi 146 dunia dalam daftar peringkat FIFA dengan nilai 1064,01.

Sedangkan menurut Shin hitung-hitungan FIFA tak sepantasnya menempatkan Indonesia di posisi tersebut. Berdasarkan penilaiannya, Tim Merah Putih punya performa apik.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Dari sisi individu, sebagai pelatih, jelas kompetisi yang besar memberi saya impresi dan bisa berkembang. Saya juga melatih tim , salah satu tim terlemah di kompetisi ini, ini juga salah satu pengalaman lainnya,” jelas Shin dalam konferensi pers usai laga melawan Jepang.

“Indonesia ranking 146, dari level performa kami tidak menggambarkan ranking kami. Tim kami juga yang termuda, mendapatkan pengalaman melawan tim terbaik di Asia, itu akan menolong tim kami untuk terus berkembang,” ujarnya melanjutkan.

Indonesia menjadi salah satu dari enam negara dengan ranking terendah yang berlaga di Piala Asia. Pada Mei 2023, saat undian pembagian grup dilakukan, Indonesia bahkan berada di posisi paling buncit di antara 24 kontestan lainnya. Saat itu Indonesia ada di posisi 149.

Sementara menurut ranking FIFA per Desember 2023, Indonesia sudah menanjak ke peringkat 146. Hong Kong tercatat sebagai negara dengan ranking paling bawah, yakni menghuni posisi 150 dunia.

Dari enam negara yang menghuni pot 4 alias non-unggulan di Piala Asia edisi ke-18, tiga di antaranya sudah dipastikan tidak bisa melangkah ke babak 16 besar yaitu India, Malaysia, dan Hong Kong.

Hanya Tajikistan yang sudah dipastikan melangkah dari fase grup lantaran menempati peringkat kedua di Grup A.

Sementara nasib Indonesia masih akan ditentukan pada laga hari ini, Kamis (25/1). Kepastian Timnas Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 akan bergantung hasil pertandingan Yordania vs Bahrain dan Kirgistan vs Oman.

[Gambas:Video CNN]

(nva/har)


Sumber: www.cnnindonesia.com