Bola  

STY Mulai Fasih Bahasa Indonesia, Teriak Indonesia Jaya

Dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia di Bali, Shin Tae Yong beberapa kali menggunakan bahasa Indonesia baik dalam memberikan instruksi atau motivasi.

Jakarta, CNN Indonesia

Perlahan tapi pasti, Shin Tae Yong mulai lancar berbahasa Indonesia. Setidaknya beberapa kata penting dilontarkan Shin Tae Yong dalam latihan Timnas Indonesia di Bali.

Mengacu video yang diunggah PSSI di kanal Youtube pada Rabu (30/11), Shin beberapa kali menggunakan bahasa Indonesia. Belum sepenuhnya dengan bahasa, tetapi dikombinasikan.

Saat meminta bola dalam praktek latihan taktik, Shin meminta bola dengan bahasa Indonesia. Ia tidak lagi menggunakan bahasa Korea seperti saat awal berada di Indonesia.

Begitu selesai latihan, Shin Tae Yong juga menyelipkan kata-kata bahasa Indonesia dalam arahannya. Salah satunya teriakan lepas pelatih asal Korea Selatan itu sebelum mengakhiri latihan.

“Indonesia jaya. Indonesia jaya. Indonesia jaya!” kata Shin Tae Yong dengan teriakan nyaring yang diikuti teriakan pemain lainnya, disambut dengan tos ke udara tanda latihan berakhir.

Target Shin Tae Yong bersama Tim Garuda di Piala AFF 2022 adalah juara. Edisi sebelumnya, Piala AFF 2020 (2021) Timnas menjadi runner up, setelah kalah dari Thailand dalam dua pertandingan.

Demi asa tersebut Shin mengadakan pemusatan latihan di Bali. Sebanyak 28 pemain dipanggil dan hanya satu yang dipastikan absen, yakni Dimas Drajad. Sebagai gantinya Shin memanggil Ilija Spasojevic.

Piala AFF 2022 akan berlangsung mulai 20 Desember hingga 16 Januari 2023. Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Adapun laga pertama akan melawan Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 23 Desember. Setelah itu melawan Brunei (26/12), Thailand (29/12), dan terakhir Filipina (2/1).

[Gambas:Video CNN]

(abs/jun)




Sumber: www.cnnindonesia.com