Bola  

Siapa Saja yang Pernah Merebut Super Ballon d’Or?

Trofi Super Ballon d

Jakarta, CNN Indonesia

Trofi Super Ballon d’Or jadi perbincangan hangat setelah Lionel Messi juara Piala Dunia 2022 bersama timnas Argentina.

Publik selama ini lebih akrab dengan trofi Ballon d’Or. Trofi ini merupakan sebuah penghargaan yang diberikan kepada pemain versi majalah asal Prancis, France Football.

Messi sampai dengan saat ini jadi pemenang terbanyak. La Pulga tercatat sudah tujuh kali memenangi trofi untuk kategori individu paling bergengsi di dunia ini.

Trofi Super Ballon d’Or juga merupakan penghargaan yang diberikan oleh France Football. Bedanya penghargaan ini terbilang begitu langka karena baru ada satu orang yang memenanginya.

Pemain itu adalah Alfredo Di Stefano. Legenda Real Madrid itu terpilih sebagai pemenang Super Ballon d’Or pada 24 Desember 1989.

Trofi itu diberikan kepada Di Stefano sekaligus memperingati 30 tahun berdirinya France Football, pemberi penghargaan Ballon d’Or. Ketika itu Di Stefano mengalahkan Johan Cruyff dan Michel Platini melalui voting.

Sebelum meraih Super Ballon d’Or, Di Stefano pernah dua kali memenangi Ballon d’Or tahun 1957 dan 1959, dalam era di mana Madrid begitu mendominasi sepak bola Eropa.

Di Stefano membantu Madrid memenangi lima gelar European Cup atau sekarang disebut Liga Champions secara beruntun dari 1956-1960.

Trofi Super Ballon d’Or sekilas mirip dengan trofi Ballon d’Or. Perbedaan ada pada banyaknya bola-bola kecil berwarna emas selain bola emas berukuran raksasa.

Trofi Super Ballon d’Or ini pernah dipajang di museum Real Madrid selama bertahun-tahun. Setelah itu trofi Super Ballon d’Or dilelang di London pada September 2021 bersama berbagai memorabilia lain milik Di Stefano.

Berdasarkan data dari perusahaan jelang Julien’s, trofi Super Ballon d’Or itu laku terjual dengan harga 187.500 poundsterling atau setara Rp3,5 miliar.

[Gambas:Video CNN]

(jal/har)




Sumber: www.cnnindonesia.com