Bola  

Siapa Saja Jebolan SEA Games 2023?

Ketua Umum PSSI Erick Thohir masih merinding ingat momen 10 pemain Indonesia mampu menaklukkan Vietnam di semifinal SEA Games 2023, Sabtu (13/5).


Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia akan bentrok dengan Vietnam di Piala Asia 2023 (2024) pada Jumat (19/1). Dalam skuad kedua tim terdapat beberapa nama jebolan SEA Games 2023.

Pada SEA Games 2023 di Kamboja, Indonesia dan Vietnam bertemu pada babak semifinal. Pertandingan pada 16 Mei ini dimenangkan Indonesia dengan skor 3-2 di Stadion Olimpiade Phnom Penh.

Dari kubu Indonesia, ada enam pemain yang tampil di SEA Games dan menjadi skuad Piala Asia 2023. Mereka itu Ernando Ari, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, dan Ramadhan Sananta.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dari keenam pemain ini, lima di antaranya sudah main saat Indonesia kalah 1-3 dari Irak. Hanya Sananta yang belum dimainkan. Bahkan pemain Persis Solo ini tak masuk daftar susunan pemain.

Dari pihak Vietnam ada juga ada enam pemain yang main di SEA Games 2023 dan Piala Asia 2023. Mereka itu Vo Minh Trong, Phan Tuan Tai, Nguyen Thai Son, Khuat Van Khang, Nguyen Van Truong, dan Nguyen Van Tung.

Saat Vietnam kalah 2-4 dari Jepang pada Minggu (14/1), lima dari enam pemain tersebut main. Tiga di antaranya sebagai starter dan dua sebagai cadangan. Hanya Van Tung yang belum dimainkan.

Yang menarik, pemain-pemain muda ini jadi pilihan utama Philippe Troussier dibanding pemain-pemain kaya pengalaman, seperti Nguyen Quang Hai, Nguyen Van Viet, Do Duy Manh, dan Vu Van Thanh.

Ini bisa menjadi isyarat dari Troussier bahwa pemain-pemain mudanya sudah siap tempur. Ada analisis pula bahwa pemain-pemain yang sering jadi momok Indonesia ini sengaja disimpan.

Yang pasti, pertandingan Indonesia kontra Vietnam akan lebih dari sekedar adu ketahanan fisik, melainkan juga kecerdikan strategi. Kejelian Shin akan diuji oleh Troussier.

Pertandingan Grup D Piala Asia 2023 antara Vietnam kontra Indonesia akan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa. Laga ini sangat krusial untuk menjaga peluang lolos ke babak 16 besar.

[Gambas:Video CNN]

(abs/nva)


Sumber: www.cnnindonesia.com