Bola  

Siapa Duet Rafael Struick di Lini Depan Indonesia vs Irak?

Rafael Struick menampilkan performa yang apik dan tidak canggung dalam laga debut membela Timnas Indonesia.


Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia akan mengawali perjuangan berat lawan Irak pada laga perdana Grup D Piala Asia 2023. Lantas, siapa yang akan dipilih Shin Tae Yong sebagai juru gedor?

Duel Indonesia vs Irak akan digelar di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Senin (15/1). Pertandingan ini akan disiarkan secara langsung di RCTI pukul 21.30 WIB.

Pelatih Indonesia Shin Tae Yong dipastikan menurunkan skuad terbaiknya untuk mendulang poin lawan Irak. Rafael Struick dan Witan Sulaeman kemungkinan bakal berduet di lini depan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Struick nyaris selalu mendapat kepercayaan Shin Tae Yong di berbagai kesempatan. Kecepatan, naluri mencetak gol, dan kepiawaiannya menciptakan assist membuat Struick tak tergantikan.

Karakter Struick memang bukan striker murni. Ia kerap menjemput bola dan menyisir di area sayap namun jeli memanfaatkan peluang di depan gawang.

Indonesia masih memiliki targetman dalam diri Dimas Drajad dan Ramadhan Sananta, namun Struick terbilang pantas diturunkan sejak menit awal saat menghadapi tim sekelas Irak.

Rafael Struick kemungkinan akan didampingi Witan Sulaeman dan Marselino Ferdinan dengan formasi awal 3-4-3.

Witan bakal kembali diplot sebagai pemain sayap sesuai dengan habitatnya seiring dengan ketiadaan Saddil Ramdani yang dicoret di menit-menit akhir.




Witan Sulaeman akan kembali ke habitatnya sebagai pemain sayap. (Dok. PSSI)

Tak hanya mampu merusak pertahanan lawan dari sayap, Witan juga mulai disiplin dalam bertahan setelah di beberapa kesempatan mendapat instruksi tampil sebagai wingback.

Marselino Ferdinan kemungkinan bakal jadi pendamping Struick di sektor sayap kiri. Namun, STY kemungkinan lebih membebaskan pergerakan Marselino sesuai dengan kebutuhan.

Gelandang serang KMSK Deinze itu terbiasa diplot sebagai pemain freerole di lini depan. Ia bisa merangsek dari sayap atau bermain di lini kedua di belakang striker.

Marselino memang tampil kurang greget pada dua laga uji coba melawan Libya. Maklum, ia baru pulih dari cedera sebelum gabung training camp bersama skuad Garuda di Turki.

Namun, Marselino punya keistimewaan dalam membangun serangan di sepertiga akhir. Umpan jitu ke kotak penalti dan tembakan jarak jauh jadi senjata Marselino untuk menjadi pembeda.

Di sektor lini tengah, STY kemungkinan akan menurunkan Justin Hubner, Ivar Jenner, serta didukung duo wingback Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan.

Sementara jantung pertahanan tim Merah Putih dipercayakan kepada Rizky Ridho, Jordi Amat, dan Elkan Baggott. Sedangkan Ernando Ari jadi benteng pertahanan terakhir Indonesia.

Indonesia sebelumnya sudah pernah bertemu dengan Irak, pertemuan terakhir kedua tim di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang digelar di Basra, 16 November 2023. Saat itu Irak berhasil mengalahkan Indonesia dengan skor telak 5-1.

Kini, Indonesia berambisi untuk membalas dengan meraih kemenangan atas Irak pada laga perdana Grup D Piala Asia 2023.

Prediksi Lini Depan Indonesia vs Irak:

Timnas Indonesia XI (3-4-3): Ernando Ari; Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott; Asnawi Mangkualam, Justin Hubner, Ivar Jenner, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Rafael Struick, Marselino Ferdinan.

[Gambas:Video CNN]

(har/har)


Sumber: www.cnnindonesia.com