Bola  

Shin Tae Yong Diserang Netizen Vietnam karena Postingan Soal Van Hau

Salah satu ofisial timnas Vietnam Le Huy Khoa

Jakarta, CNN Indonesia

Akun Instagram pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong (STY) mendapat serangan dari netizen Vietnam setelah mengunggah video tentang penggawa Vietnam di Piala AFF 2022, Doan Van Hou.

STY mengunggah tiga video yang menyoroti salah satu pemain Vietnam, Doan Van Hau, pada Minggu (8/1). Video tersebut menampilkan aksi Van Hau yang dianggap melakukan beberapa tindakan kasar selama pertandingan.

Dua video yang diunggah STY tentang Van Hau terjadi pada pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2022 Indonesia vs Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Jumat (6/1) lalu.

Video pertama tekel brutal terhadap Dendy Sulistyawan, kemudian yang kedua jegalan keras di dalam kotak penalti kepada Ricky Kambuaya, lalu video ketiga ketika Van Hau sengaja menabrak pemain Malaysia Azam Azmi di dalam kotak penalti hingga lawan tersungkur.

Selain Doan Van Hau, STY juga menyinggung kepemimpinan wasit pertandingan leg pertama semifinal, yakni Oumar Al Yaqoubi. Sebab wasit asal Oman itu dinilai tak memberi sanksi tegas kepada Van Hau.

“Tidak boleh ‘usaha para pemain’ yang dibuat selama ini tenggelam karena wasit. Wasit dan pemain harus fairplay dan saya berharap semoga tidak ada lagi kejadian seperti ini,” tulis STY di Instagram.

Unggahan STY memancing perhatian netizen Vietnam. Di kolom komentar, tak sedikit ditemukan beragam ungkapan dari warganet Vietnam di akun STY.

“Sudah menjadi fakta bahwa Indonesia adalah tim paling kasar di Asia Tenggara. Saya berharap dia [STY] juga mengajarkan pemain Indonesia dengan baik,” tulis salah satu netizen Vietnam.

Sedangkan menurut netizen Vietnam lain, STY dianggap tidak punya nyali besar karena menggunakan media sosial untuk menarik dukungan dari suporter.

“Shin terlalu pengecut, pelatih yang tidak layak karena menggunakan cara kotor untuk melawan Van Hau di pertandingan besok. STY tidak akan disambut di Vietnam,” tulis warganet Vietnam lainnya.

Kemudian netizen Vietnam lain menyoroti cara STY mengunggah video Van Hau sebagai langkah blunder. Sebab hal tersebut dianggap membuktikan Indonesia sebagai negara yang tidak teredukasi dengan baik.

“Semakin banyak yang anda unggah, semakin banyak pula komentar, kemudian anda akan melihat betapa negara dan pelatihnya sangat tidak teredukasi. Pulang saja sana dan belajar etika lebih banyak,” tulis warganet Vietnam.

Timnas Indonesia akan kembali menghadapi Vietnam pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022 di Stadion My Dinh, Senin (9/1). Ini akan menjadi laga penentu tim yang berhak melaju ke final Piala AFF 2022.

[Gambas:Video CNN]

(ikw/ptr)







Sumber: www.cnnindonesia.com