Bola  

Sempat Tertinggal, MU Bungkam Man City 2-1

Manchester United berhasil mengalahkan Manchester City 2-1 pada laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Sabtu (14/1).

Jakarta, CNN Indonesia

Manchester United berhasil mengalahkan Manchester City 2-1 pada laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Sabtu (14/1).

Di babak pertama kedua tim memainkan tempo sedang. MU dan Man City berhati-hati untuk menembus pertahanan lawan. Tak asal menyodorkan umpan. Terlebih kedua klub sama-sama memainkan pressing cukup tinggi ketika kehilangan bola.

Peluang terbaik pertama dalam laga ini dimiliki Bruno Fernandes yang melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti pada menit ke-11. Bola masih melenceng dari gawang.

Man City terkendala dalam menyediakan umpan-umpan matang bagi Erling Haaland di posisi ujung tombak. Pemain-pemain MU juga tidak bisa melancarkan serangan dengan lancar. Man City tampak bisa tetap seimbang dalam menyerang dan bertahan.

Pada menit ke-34, MU punya peluang lagi. Bola panjang dikirim Fernandes dari lini tengah. Marcus Rashford bisa menjangkau bola sekaligus melewati Ederson yang gagal memotong umpan tersebut. Penyelesaian akhir Rashford masih lemah dan bisa diblok Manuel Akanji.

Rashford kembali memiliki peluang setelah menerima umpan daerah dari Christian Eriksen pada menit ke-37. Kali ini giliran Ederson yang memblok upaya pemain Inggris tersebut.

Menjelang peluit tanda turun minum, Kyle Walker berupaya melepas tembakan jarak jauh. Bola masih melenceng dari gawang dan skor imbang tanpa gol hingga babak pertama bubar.

Man United dan Man City tak membuang waktu untuk saling serang pada babak kedua. Lini pertahanan Setan Merah dan The Citizens pun langsung dituntut sigap.

Manchester Biru langsung menggunakan pendekatan possesion football untuk mengupayakan gol pertama. Tim tamu mengurung pertahanan tuan rumah.


Jack Grealish sempat membuat Man City unggul 2-1. (REUTERS/PHIL NOBLE)

Hasilnya pada menit ke-60 sebuah gol tercipta dari sundulan pemain pengganti, Jack Grealish. Tusukan Kevin De Bruyne tak bisa dihentikan Casemiro, umpan tarik pemain Belgia itu dituntaskan tanpa kesalahan oleh Grealish yang berdiri bebas.

MU tak bisa kontan menyerang. Man City menampilkan barisan yang solid dari depan hingga belakang sehingga Red Devils susah membalas serangan. Man City pun kembali memainkan umpan dari kaki ke kaki untuk menguasai bola.

Namun, serangan apik tuan rumah di menit ke-78 mampu merusak pertahanan City. Umpan terobosan Casemiro berhasil diteruska Bruno Fernandes ke sudut bawah untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Gol Fernandes membakar motivasi anak-anak Setan Merah. Pada menit ke-82, Marcus Rashford berhasil membalikkan keadaan untuk membawa MU comeback dan unggul 2-1.

Bermula dari umpan silang Garnacho yang sempat diblok dan menghasilkan defleksi ke tengah kotak penalti yang langsung disambar Rashford dari jarak dekat.

Man City berupaya untuk menyamakan skor di waktu tersisa, namun pertahanan solid tuan rumah tak mampu ditembus lagi. Kemenangan MU 2-1 di Old Trafford pun tak terbendung.

Hasil ini membuat klasemen Liga Inggris memanas. Man Utd kini berada di posisi ketiga dengan nilai 38 dan hanya berjarak satu poin dari Man City yang berada di urutan kedua. Sementara Arsenal tetap kukuh di puncak dengan 44 poin.

Susunan pemain MU vs Man City:

Manchester United XI (4-2-3-1): David de Gea; Aaron Wan-Bissaka, Raphael Varane, Luke Shaw, Tyrell Malacia; Casemiro, Fred; Bruno Fernandes, Christian Eriksen, Marcus Rashford; Anthony Martial.

Manchester City (4-3-3): Ederson; Kyle Walker, Manuel Akanji, Nathan Ake, Joao Cancelo; Kevin de Bruyne, Rodri, Bernardo Silva; Riyad Mahrez, Erling Haaland, Phil Foden.

[Gambas:Video CNN]

(jun)




Sumber: www.cnnindonesia.com