Bola  

Saya Tidak Yakin Itu Ide yang Bagus

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong tidak menyambut antusias ide mengenai Australia ikut bersaing di Piala AFF.


Jakarta, CNN Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong tidak menyambut antusias ide mengenai Australia ikut bersaing di Piala AFF.

Jelang pertandingan Australia vs Indonesia di Piala Asia, Shin mendapat pertanyaan soal keikutsertaan Skuad Socceroos di Piala AFF level senior.

“Saya tidak yakin itu ide yang bagus kalau Australia ikut AFF. Mereka jauh lebih baik dibandingkan tim Asia Tenggara, mereka jauh lebih maju,” kata Shin dalam konferensi pers jelang laga fase gugur Piala Asia 2024.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Sama seperti Korea, Jepang, Arab, Irak dan lainnya di Asia. Australia seharusnya memang berkompetisi di Asia agar sepak bola di sini berkembang. Indonesia sudah baik di Asia Tenggara dan akan terus berkembang,” ujarnya menambahkan.

Australia sudah bergabung dengan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) sekaligus meninggalkan Konfederasi Sepak Bola Oseania (OFC) sejak 2006. Berselang tujuh tahun kemudian, Australia menjadi anggota Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF).

Sudah 10 tahun lebih gabung, namun Skuad Socceroos belum pernah tampil di Piala AFF yang menjadi lambang supremasi sepak bola Asia Tenggara. Australia hanya mengirim wakil di ajang Piala AFF kelompok umur 16 atau 19.

Selama menangani Timnas Indonesia di level senior maupun kelompok umur, Shin sudah sempat bertemu dengan Australia yakni di ajang kualifikasi Piala Asia 2022. Ketika itu Timnas Indonesia kalah 2-3 dan 0-1.

Shin sebetulnya tak asing dengan sepak bola Australia karena pernah berseragam Queensland Roar dan sempat menjadi asisten pelatih di klub yang kini bernama Brisbane Roar tersebut.

[Gambas:Video CNN]

(nva/nva)


Sumber: www.cnnindonesia.com