Bola  

Sandy Walsh Menanti 6 Tahun untuk Bela Timnas Indonesia

Pemain naturalisasi Timnas Indonesia Sandy Walsh bereaksi atas musibah gempa yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11) siang.

Jakarta, CNN Indonesia

Sandy Walsh mengaku harus menanti hingga enam tahun untuk mendapat status Warga Negara Indonesia (WNI).

Pemain 27 tahun itu menceritakan awal mula tertarik dengan sepak bola Indonesia ketika melihat pemberitaan tentang dirinya saat klubnya kala itu, KRC Genk, lolos ke perempat final Liga Europa 2016/207.

Saat itu Sandy Walsh menjadi bagian dari tim utama KRC Genk. Sandy satu tim dengan Leandro Trossard dan Timothy Castagne yang kini menjadi pemain timnas Belgia di Piala Dunia 2022.

“Setelah saya tidak sekolah formal sama sekali agar bisa fokus kepada karier sepak bola, di situ ada momen saya mencapai perempat final Europa League bersama KRC Genk. Saya ingat ada berita dari Indonesia tentang pemain Eropa berdarah Indonesia mencapai perempat final Europa League,” kata Sandy dalam wawancara dengan FIFA.

Setelah itu, mulai terjalin komunikasi antara PSSI dengan Sandy. Saat ingat sang kakek dan neneknya berasal dari Indonesia, Sandy mengutarakan ketertarikannya membela Skuad Garuda.

Namun, ia tak bisa langsung berseragam Merah-putih karena mengantongi paspor Belanda. Sandy pun harus melalui berbagai tahap demi mendapat status WNI.

“Saya ingat-ingat lagi saat kakek dan nenek saya yang menceritakan kedekatan mereka dengan karier saya. Keluarga saya tidak pernah lupa betapa besarnya antusias dan cinta terhadap sepak bola di beberapa tempat di Indonesia sepak bola dianggap segalanya,” ujar Sandy.

“Akan menjadi pengalaman luar biasa jika bisa bermain untuk Indonesia. Jadi saya pikir lima atau enam tahun yang lalu saya membuat keputusan itu setelah bertemu dengan PSSI,” ucapnya menambahkan.

Sandy pun resmi menjadi WNI usai melakukan sumpah setia kepada NKRI di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, 17 November lalu. Ia bersama Jordi Amat juga sudah bisa membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

[Gambas:Video CNN]

(ikw/ikw)




Sumber: www.cnnindonesia.com