Bola  

Rumor Pramudya Mundur dari PBSI, Mengulang Cerita Tony Gunawan

Pramudya Kusumawardana disebut tengah mempertimbangkan untuk mundur dari Pelatnas Cipayung PBSI untuk melanjutkan pendidikan, mirip dengan kisah Tony Gunawan.


Jakarta, CNN Indonesia

Pramudya Kusumawardana disebut tengah mempertimbangkan untuk mundur dari Pelatnas Cipayung PBSI untuk melanjutkan pendidikan. Hal ini mirip dengan cerita legenda Indonesia, Tony Gunawan.

Pramudya bersama Yeremia Rambitan merupakan salah satu ganda putra utama yang ada di Pelatnas Cipayung. Di akhir tahun ini, Pramudya disebut mempertimbangkan untuk mundur dari PBSI lantaran ingin melanjutkan pendidikan.

“Sampai saat ini, Pramudya masih bagian dari PBSI, jadi belum ada surat resminya. Kalau ada surat resmi pasti PBSI umumkan.”


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Obrolan ada, kita kan diskusi, ngomong ya panjang lebar. Kalau berhenti begini, mau ngapain, mau apa. Pertimbangan ingin lanjut kuliah saja,” tutur pelatih ganda putra, Aryono Miranat.

Kisah Pramudya ini mirip dengan Tony Gunawan. Pada 2021, Tony Gunawan secara mengejutkan memutuskan mundur dari Pelatnas Cipayung. Tony Gunawan saat itu ingin memulai lembaran hidup baru dengan melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat.

Tony Gunawan akhirnya hengkang ke Amerika Serikat dan memulai lembaran baru sebagai mahasiswa. Tony Gunawan benar-benar lepas dari turnamen internasional pada dua tahun awal kedatangannya di Amerika Serikat.

Untuk membayar biaya kuliah, karena Tony tidak kuliah dengan beasiswa saat itu, ia menjadi pelatih badminton. Namun Tony tidak lagi aktif di turnamen internasional.

Barulah pada 2004 ada permintaan untuk mendampingi Howard Bach di Kejuaraan Dunia 2005 saat Amerika Serikat jadi tuan rumah. Dalam persiapan hanya satu tahun, Tony/Bach bisa jadi juara dunia.

Setelah momen itu, Tony Gunawan kemudian kembali aktif kembali di seri turnamen BWF. Bahkan ia kembali berpasangan dengan Candra Wijaya dan memenangkan sejumlah turnamen, termasuk Indonesia Open.

Bila Pramudya benar-benar memutuskan untuk mundur dari Pelatnas Cipayung PBSI dan melanjutkan kuliah, menarik untuk dinanti kiprah Pramudya setelah ini. Termasuk soal kelanjutan kariernya di dunia badminton mengingat usianya saat ini masih belia, yaitu bakal menginjak 23 tahun pada 13 Desember mendatang.

[Gambas:Video CNN]

(ptr)

Sumber: www.cnnindonesia.com