Bola  

Roberto Martinez Resmi Jadi Pelatih Timnas Portugal

Roberto Martinez resmi melatih timnas Portugal menggantikan posisi Fernando Santos yang dilepas usai Piala Dunia 2022.

Jakarta, CNN Indonesia

Roberto Martinez resmi melatih timnas Portugal. Kabar itu dipastikan Federasi Sepak Bola Portugal (FPF) melalui keterangan resmi.

“Saya mengapresiasi antusiasme dan ambisinya ketika dia [Martinez] menerima undangan [melatih Portugal]. Ini adalah momen penting untuk tim nasional,” kata Presiden FPF Fernando Gomes, dikutip Reuters.

Tidak lama bagi Martinez untuk mendapatkan jabatan baru usai mundur dari posisi pelatih timnas Belgia selepas Piala Dunia 2022. Juru taktik asal Spanyol itu mengundurkan diri setelah Belgia gagal lolos fase grup Gempita Bola Dunia 2022.

Belgia tidak mampu melaju ke fase knockout karena finis di posisi tiga klasemen akhir Grup F. The Red Devils mencatat masing-masing satu kemenangan, hasil imbang, dan kekalahan dari tiga pertandingan.

Martinez pergi dari Belgia setelah enam tahun menangani Eden Hazard dan kawan-kawan. Pelatih 49 tahun itu menggantikan posisi Fernando Santos yang juga mundur dari pelatih Portugal setelah Piala Dunia 2022.

Santos mendapat kritik deras usai tumbang di tangan Maroko pada babak perempat final Piala Dunia 2022. Akibatnya Portugal harus angkat koper meski diunggulkan ketika menghadapi Maroko.

Santos mendapat banyak kritikan karena sering mencadangkan Cristiano Ronaldo pada pertandingan sejumlah Piala Dunia 2022.

Santos sudah melatih Portugal sejak 2014. Ia mempersembahkan satu gelar Piala Eropa dan satu trofi Nations League bersama Selecao das Quinas.

Sebelumnya Jose Mourinho sempat dikabarkan menjadi kandidat pelatih timnas Portugal, namun The Special One enggan meninggalkan AS Roma.

[Gambas:Video CNN]

(ikw/har)




Sumber: www.cnnindonesia.com