Bola  

Regulasi Ranking FIFA Diklaim Rugikan Vietnam, Untungkan Indonesia

Keberadaan Asnawi Mangkualam mendapat sorotan media Jepang jelang laga Timnas Indonesia menghadapi skuad Samurai Biru, Rabu (24/1) malam.


Jakarta, CNN Indonesia

Media Vietnam mengklaim regulasi perhitungan ranking FIFA di Piala Asia 2023 merugikan Vietnam tetapi menguntungkan dua tim rival ASEAN, Thailand dan Indonesia.

Soha melaporkan, Vietnam terkena efek negatif usai menelan tiga kekalahan beruntun di fase grup Piala Asia 2023. Vietnam disebut bakal mendapat pengurangan poin sebesar 41,1 poin dan turun dari peringkat ke-94 menjadi 105 dunia.

Sebaliknya, Thailand dan Indonesia sama-sama menorehkan kemajuan pesat. Thailand mengumpulkan 30,0 poin berkat satu kemenangan dan dua hasil imbang di fase grup.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tambahan poin itu membuat Thailand diprediksi naik ke peringkat ke-101 dunia dan menempati posisi teratas di Asia Tenggara. Sementara Indonesia naik dari posisi 148 ke peringkat 142 dunia.

Merujuk regulasi resmi dari FIFA, pertandingan di babak gugur turnamen kontinental dan Piala Dunia hanya akan memberikan bonus poin kepada tim pemenang. Tidak ada pengurangan poin untuk tim yang kalah.

Regulasi tersebut membantu Thailand dan Indonesia tidak kehilangan poin setelah kalah di fase knock out. Sebelumnya Indonesia kalah 0-4 dari Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023.

Artinya, Indonesia masih mempertahankan posisi 142 dunia meski menelan kekalahan dari Australia. 

Thailand juga akan tetap mempertahankan posisi teratas di ASEAN setelah kalah 1-2 dari Uzbekistan di fase gugur Piala Asia. 

[Gambas:Video CNN]

(jal)


Sumber: www.cnnindonesia.com