Bola  

Rapor Tim ASEAN di Fase Grup: Thailand Terbaik, Vietnam Terburuk

Pelatih Philippe Troussier menceramahi para pemain timnas Vietnam setelah kekalahan dari Irak pada laga penutup fase grup Piala Asia 2023 (2024).


Jakarta, CNN Indonesia

Rangkaian pertandingan babak penyisihan grup Piala Asia 2023 rampung digelar, Kamis (25/1). Berikut rapor tim negara peserta dari ASEAN.

Thailand tercatat sebagai tim Asia Tenggara paling impresif di fase grup. Mereka berhasil lolos ke babak 16 besar tanpa terkalahkan.

Tim Gajah Perang berhak melaju ke fase gugur sebagai runner up Grup F dengan raihan lima poin. Thailand hanya tertinggal dua angka dari Arab Saudi yang mengemas tujuh poin.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam perjalanannya, Thailand berhasil mengalahkan Kirgistan 2-0 dan bermain imbang tanpa gol melawan Oman dan Arab Saudi.

Tim kedua terbaik ASEAN adalah Indonesia. Skuad besutan Shin Tae Yong itu lolos ke babak 16 besar melalui persaingan ketat di klasemen peringkat ketiga terbaik.

Berbeda dengan Jepang, Indonesia dua kali menelan kekalahan di babak Grup D. Tim Merah Putih kalah dari Irak dan Jepang lewat skor identik 1-3.

Satu-satunya kemenangan Indonesia diraih saat bersua Vietnam. Garuda menang 1-0 berkat gol penalti Asnawi Mangkualam.

Sementara Malaysia bisa dibilang sebagai tim ketiga terbaik ASEAN yang tampil di Piala Asia edisi kali ini. Harimau Malaya dua kali kalah namun sukses menahan imbang Korea Selatan 3-3 di pertandingan terakhir.

Tim terburuk ASEAN jadi milik Vietnam yang harus pulang dengan tangan kosong. Golden Star menelan tiga kekalahan beruntun di Grup D saat menghadapi Jepang, Indonesia, dan Irak.

Vietnam memang jadi tim terburuk soal urusan statistik, namun performa anak didik Philippe Troussier layak diapresiasi. Mereka mampu mencetak dua gol ke gawang Jepang dan dua gol lainnya dijaringkan ke gawang Irak.

Klasemen Tim ASEAN di Piala Asia 2023:

1. Thailand 5
2. Indonesia 3
3. Malaysia 1
4. Vietnam 0

[Gambas:Video CNN]


Sumber: www.cnnindonesia.com