Bola  

Ragnar Oratmangoen Beber Proses Naturalisasi Bela Timnas Indonesia

Ketua Umum PSSI Erick Thohir akan berupaya proses naturalisasi Ragnar Oratmangoen rampung sebelum 10 Desember untuk Piala Asia 2023.


Jakarta, CNN Indonesia

Calon pemain naturalisasi Ragnar Oratmangoen mengungkapkan proses dirinya agar bisa membela Timnas Indonesia.

Dalam wawancara dengan media Belanda Leeuwarder Courant, Ragnar mengatakan semuanya dimulai dua tahun lalu. Pemain berusia 25 itu mengatakan ada kontak dengan seseorang di Belanda yang mencari pemain dengan paspor atau memiliki keturunan Indonesia di seluruh dunia.

“Dua tahun lalu saya menjalin komunikasi dengan seseorang di Belanda yang mencari pemain di seluruh dunia yang berkewarganegaraan Indonesia atau keturunan Indonesia. Dia bertanya apakah saya terbuka untuk dinaturalisasi dengan tujuan bergabung ke timnas,” ujar Ragnar.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Saya pikir itu akan menyenangkan, tapi saya tidak pernah menyangka akan menjadi seperti ini. Keinginannya ada, realisasinya tidak. Juga karena saya tidak mendengar kabar darinya untuk waktu yang lama setelah itu,” ia melanjutkan.

Setelah kabar terkait naturalisasi itu berjalan stagnan, Ragnar baru menjalin komunikasi lagi dengan sosok tersebut beberapa bulan terakhir. Tepatnya seiring kabar proses naturalisasi mantan rekan setimnya di Go Ahead Eagles yang kini berseragam klub Serie B, Venezia, Jay Idzes.

“Saya dengat dari Jay nama saya juga disebutkan. Saya kemudian berbicara dengan sosok penghubung itu lagi. Selama ini dia tidak terdengar kabarnya karena dia sibuk di belakang layar mengatur segala macam hal. Banyak hal terjadi dengan sangat cepat setelah itu,” katanya.

Ragnar bahkan sudah menyambangi Indonesia dan bertemu dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, beberapa waktu lalu. Namun demikian, proses naturalisasi Ragnar tidak akan rampung dalam waktu dekat.

Beberapa waktu lalu, Menpora Dito Ariotedjo memastikan naturalisasi Ragnar menjadi WNI tidak terkejar untuk tahun ini.

Dito mengatakan, dokumen naturalisasi Ragnar belum lengkap, seperti Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes. Ragnar baru datang ke Indonesia saat FIFA Matchday November lalu.

“Prosesnya [Ragnar Oratmangoen] masih belum siap seperti dua atlet ini. Jadi sementara baru Jay dan Nathan dan mungkin Ragnar kita proyeksi di tahun depan,” kata Dito.

[Gambas:Video CNN]

(jal)

Sumber: www.cnnindonesia.com