Bola  

PSSI Ungkap Alasan Bawa 2 Pemain yang Disanksi AFC ke Piala AFF U-23

Kemenangan Timnas Indonesia U-22 atas Myanmar di ajang SEA Games 2023 menjadi berita terpopuler di kanal olahraga CNNIndonesia.com dalam 24 jam terakhir.

Jakarta, CNN Indonesia

PSSI akhirnya merilis pernyataan resmi mengapa tetap membawa Komang Teguh dan Titan Agung, dua pemain yang disanksi AFC, ke Piala AFF U-23 2023.

Komang dan Titan sama-sama disanksi AFC larangan tampil enam kali, plus denda seribu US dollar. Sanksi ini diberikan setelah keduanya terlibat dalam kericuhan dalam laga perebutan medali emas SEA Games 2023.

Surat keputusan sanksi tersebut ditandatangani AFC pada 11 Juli 2023. Sehari setelahnya, pada 12 Juli 2023, surat keputusan tersebut diterima PSSI. Sehari berselang PSSI langsung berkorespondensi dengan AFC.

Manajer Timnas Indonesia U-23 Endri Erawan mengatakan PSSI telah menggali informasi soal status sanksi tersebut. PSSI bertanya ke AFC soal larangan tampil tersebut hanya di laga uji coba atau seperti apa.

“AFC melalui surat tanggal 14 Juli, kita disanksi saat friendly match saja pada kategori umur yang sama dengan SEA Games [22 tahun ke bawah] tanpa menjelaskan detail mengenai friendly match,” kata Endri.

Kemudian PSSI bertanya lagi ke AFC soal status Piala AFF U-23 2023. Ini ditanyakan PSSI pada 2 Agustus 2023. Namun korespondensi PSSI baru dibalas AFC pada 15 Agustus 2023, saat Garuda Muda sudah di Thailand.

“Kita menanyakan lewat email pada 2 Agustus apakah AFF merupakan kategori friendly match atau bukan. Karena berdasarkan AFC disciplinary code ada perbedaan antara friendly international match dan international tournament.”

“Dibalas AFC melalui surat pada tanggal 15 Agustus, isinya bahwa AFF termasuk kategori friendly match karena tidak diorganisasi oleh AFC, di mana saat surat ini diterima posisi tim sudah berada di Thailand,” kata Endri.

Timnas Indonesia U-23 berangkat ke Thailand pada 14 Agustus 2023. Dalam rombongan tersebut terdapat nama Komang dan Teguh. Saat itu PSSI masih yakin Piala AFF U-23 tak termasuk laga uji coba.

Karenanya PSSI lantas mengumumkan bahwa Komang dan Titan tak bisa tampil di Piala AFF U-23. Kedua pemain pun diputuskan untuk dipulangkan ke Tanah Air agar bisa membela klubnya di Liga 1 2023/2024.

“Dengan ini PSSI telah mencoret Komang Teguh dan Titan Agung dari final registrasi daftar pemain untuk Piala AFF U-23 2023. Kami juga akan kembalikan mereka ke klub masing-masing,” kata Endri.

[Gambas:Video CNN]

(abs/nva)



Sumber: www.cnnindonesia.com