Bola  

Profil Sir Jim Ratcliffe, Orang Terkaya Inggris Beli 25 Persen MU

Manchester United (MU) resmi mengumumkan akuisisi 25 persen saham klub oleh Sir Jim Ratcliffe pada Minggu (24/12). Berikut profil Sir Jim Ratcliffe.


Jakarta, CNN Indonesia

Manchester United (MU) resmi mengumumkan akuisisi 25 persen saham klub oleh Sir Jim Ratcliffe pada Minggu (24/12). Berikut profil Sir Jim Ratcliffe.

Ratcliffe membeli saham Man Utd lewat perusahaan INEOS. Lewat pernyataan resmi, INEOS mengatakan Ratcliffe mengakuisisi 25 persen saham Kelas B MU. Selain itu, pria 71 tahun itu bisa membeli hingga 25 persen saham Kelas A yang tersedia untuk umum.

Ratcliffe juga siap mengeluarkan dana tambahan hingga US$300 juta untuk investasi masa depan di Old Trafford.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Siapa sebenarnya Sir Jim Ratcliffe?

Sir James Arthur Ratcliffe lahir pada 18 Oktober 1952 di Failsworth, Inggris, yang masih jadi bagian wilayah Greater Manchester. Dikutip dari CNN, Ratcliffe menganggap dirinya sebagai anak lokal dan pendukung seumur hidup Manchester United.

Ratcliffe merupakan lulusan teknik kimia di Universitas Birmingham dengan gelar BSc dan MSc. Ratcliffe juga memiliki gelar MBA dari London Business School pada 1980.

Dengan bekal pendidikan kimia dan bisnis, Ratcliffe bekerja di perusahaan oli besar Esso hingga membentuk INEOS pada 1998. Kini INEOS yang memproduksi bahan kimia mentah untuk kemasan obat, perlengkapan mandi, ponsel, hingga furnitur berkembang jadi perusahaan multinasional. Ada 26 ribu pekerja yang tercatat jadi bagian INEOS dan tersebar di 194 lokasi dari 29 negara.

Sir Jim Ratcliffe hingga Desember 2023 masih tercatat Forbes sebagai orang terkaya di Inggris, nomor 78 di dunia, dengan jumlah kekayaan mencapai US$23,3 miliar atau setara Rp360 triliun.

Ratcliffe juga bukan orang baru dalam industri olahraga terutama sepak bola. Pada Agustus 2019 ia pernah mengakuisisi klub Ligue 1 Prancis, OGC Nice, dengan nilai 110 juta euro atau Rp1,8 triliun.

Ratcliffe juga memiliki klub Liga Swiss yaitu Lausanne serta sepertiga kepemilikan saham tim F1 Mercedes.

Pengusaha 71 tahun itu mengaku sebagai suporter Man Utd meski sempat dirumorkan membeli Leeds United dan Chelsea. Ini tak lepas dari asal-usul Ratcliffe yang besar di Lancashire, sebelah utara kota Manchester.

Dengan kepemilikan seperempat saham klub, Ratcliffe berhak ikut campur dalam operasional manajemen Man Utd. Selain itu keluarga Glazer juga membuka peluang melepas tambahan 25 persen saham di masa depan.

Keluarga Glazer sepakat melepas saham kepada Ratcliffe karena tak berniat membeli 100 persen seperti Sheikh Jassim dari Qatar. Alhasil Sheikh Jassim mundur dari upaya membeli Man Utd.

[Gambas:Video CNN]

(ikw/har)

Sumber: www.cnnindonesia.com