Bola  

Profil Paris Brunner, Aktor Utama Jerman Hancurkan Argentina

Winger Paris Brunner menjadi bintang kemenangan Jerman U-17 saat menghancurkan Argentina melalui adu penalti 4-2 (3-3) dalam semifinal Piala Dunia U-17 2023.
Jakarta, CNN Indonesia

Winger Paris Brunner menjadi bintang kemenangan Jerman U-17 saat menghancurkan Argentina melalui adu penalti 4-2 (3-3) dalam semifinal Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (28/11).

Brunner adalah penendang terakhir Jerman yang membawa mereka menang dramatis sekaligus melangkah babak final Piala Dunia U-17 2023.

Dalam 90 menit pertandingan, Brunner menunjukkan peran pentingnya dengan menyumbang dua gol pada menit kesembilan dan 58′. Satu gol Jerman lain dilesakkan Max Moerstedt (69′).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Akan tetapi semangat juang Argentina yang sempat tertinggal 0-1 dan 2-3 tidak padam. Tim Tango menyamakan kedudukan 3-3 pada menit injury time, 90+7, yang membuat semifinal itu berlanjut ke babak adu penalti.

Drama adu penalti terjadi setelah tendangan Finn Jeltsch dibendung Franco Vilalba. Argentina mendekat dengan 2-3.

Brunner yang tampil apik dalam waktu normal mengambil beban Jerman U-17 sebagai penendang terakhir. Apabila penalti Brunner sukses, Jerman unggul 4-2 dan lolos ke final.

Sebaliknya, jika tembakan pemain 17 tahun itu gagal, Argentina berpeluang menyamakan skor jadi 3-3 dan memperpanjang adu penalti.

Sebuah keuntungan bagi Jerman, dengan ketenangannya, tendangan penalti kaki kanan Brunner ke sisi kiri gawang Jerman gagal ditepis Vilalba. Jerman menang 4-2.

Brunner merupakan pemain binaan Eintracht Dortmund Youth, tim yang kini bermain di Kreisliga A Dortmund, atau kasta terendah Liga Jerman.

Dari Eintracht Dortmund Youth, Brunner pindah ke Rot-Weiss Essen Youth (klub divisi kasta ketiga Liga Jerman) pada Juli 2017.

Dari Rot-Weiss Essen, Brunner meningkatkan profil kariernya dengan gabung ke VfL Bochum Youth. Sampai akhirnya Borussia Dortmund mendapatkan pemain berdarah Jerman-Kongo itu pada 2020.

Karier Brunner bersama Die Borussen menunjukkan peningkatan. Pada Bundesliga Barat U-17 musim 2021/2022, Brunner tampil dalam 15 pertandingan dan mencetak 9 gol.

Catatannya meningkat jadi 16 gol dalam enam pertandingan pada Bundesliga Barat U-17 musim 2022/2023.




Pada musim itu juga Brunner naik level dari Liga U-17 dengan tampil di Liga U-19 pada musim yang sama. Kini Brunner bermain di Bundesliga Barat U-19 bersama Dortmund.

Kehebatan Brunner di klub membawanya dipanggil timnas Jerman U-17 pada Kualifikasi Piala Eropa U-17. Brunner turut membawa Jerman Junior lolos ke Piala Eropa U-17 2023 di Hungaria, Mei lalu.

Tidak tanggung-tanggung, Brunner menjadi top skor dengan torehan empat gol. Catatan apiknya itu juga mengantar Jerman U-17 juara Piala Eropa U-17 usai kalahkan Prancis lewat adu penalti 5-4 setelah bermain imbang 0-0.

Performa mengkilap Brunner berlanjut ke Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. Usai jadi pencetak gol semata wayang Jerman ke gawang Spanyol di babak perempat final, Brunner membawa Jerman lolos ke final Piala Dunia U-17.

Meski tampil apik di lapangan, Brunner yang disebut sebagai titisan Jadon Sacho tidak lepas dari kontroversi. Sebelum tampil di Piala Dunia U-17 2023, Brunner dihukum Dortmund karena indisipliner pada Oktober 2023.

“Borussia Dortmund telah menskors Paris Brunner karena alasan disiplin. Pemain muda ini tidak akan ambil bagian dalam pertandingan BVB sampai pemberitahuan lebih lanjut,” tulis Dortmund dalam keterangan resmi.

[Gambas:Video CNN]

(sry/ptr)


Sumber: www.cnnindonesia.com