Bola  

Profil Kim Yeon Koung, Ratu Voli Korea yang Ngamuk Diblok Megawati

Bintang Pink Spiders Kim Yeon Koung dibuat mengamuk oleh Megawati Hangestri Pertiwi dalam matchday keenam putaran ketiga Liga Voli Korea, Minggu (24/12).


Jakarta, CNN Indonesia

Kim Yeon Koung jadi sorotan usai kedapatan kesal karena smes miliknya diblok Megawati Hangestri Pertiwi. Berikut profil Kim Yeon Koung.

Kim Yeon Koung terlihat jelas melampiaskan kekesalannya karena smes miliknya bisa diblok oleh Megawati. Ia langsung mengambil bola dan kemudian memukulkannya ke lantai.

Di Liga Voli Korea, nama Kim Yeon Koung adalah nama besar. Ia sering disebut Ratu Voli Korea.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kim Yeon Koung saat ini sudah berusia 35 tahun dan ia punya pengalaman panjang membela Korea Selatan di ajang internasional. Ia bersama timnas Voli Korea Selatan mampu meraih medali emas di Asian Games 2014 yang berlangsung di Incheon, juga menyumbang medali perak (Asian Games 2010) dan perunggu (Asian Games 2018).

Dalam kariernya di klub, Kim Yeon Koung memulainya bersama Pink Spiders. Sejak awal kemunculannya pada musim 2005/2006, Kim Yeon Koung sudah berhasil mencuri perhatian.

Kim Yeon Koung, dikutip dari Naver, sukses mencatat 756 poin dalam 28 pertandingan bersama Pink Spiders. Setelah itu dalam tiga musim berikutnya, Kim Yeon Koung menorehkan 562 poin (2006/2007), 649 (2007/2008), dan 670 (2008/2009).

Kim Yeon Koung mencatat tiga gelar juara bersama Pink Spiders. Ia bahkan terpilih sebagai MVP Final dalam tiga laga final yang dimenangkan oleh Pink Spiders. Ia juga mengantongi tiga gelar MVP musim reguler.

Setelah merasakan atmosfer kompetisi di dalam negeri, Kim Yeon Koung lalu bertualang ke Liga Jepang, Liga Turki, dan Liga China. Namanya pun tetap mencolok dan mentereng saat bersaing dan merasakan atmosfer kompetisi di luar negeri.

Setelah lebih dari satu dekade bertualang, Kim Yeon Koung kembali pulang ke Liga Korea di musim 2020/2021. Ia sempat kembali bertualang bersama Shanghai di musim 2021/2022 lalu kembali ke Pink Spiders dalam dua musim terakhir.

Walaupun sudah masuk kategori veteran, Kim Yeon Koung belum menunjukkan penurunan permainan signifikan. Ia masih bisa mencetak total 669 poin dalam 34 laga di musim lalu alias rata-rata 19,67 poin per laga.

Sedangkan di musim ini, Kim Yeon Koung sudah mencatat 391 poin dari 18 laga alias 21,7 poin per pertandingan.

[Gambas:Video CNN]

(ptr)

Sumber: www.cnnindonesia.com