Bola  

Profil Bio Paulin, Bek Naturalisasi Maju Jadi Caleg di Pemilu 2024

Mantan pemain Timnas Indonesia dan Persipura Jayapura Bio Paulin Pierre masuk daftar caleg pada pemilu 2024. Berikut profil Bio Paulin Pierre.


Jakarta, CNN Indonesia

Mantan pemain Timnas Indonesia dan Persipura Jayapura Bio Paulin Pierre dipastikan masuk ke dalam daftar calon anggota legislatif (caleg) pada pemilu 2024. Berikut profil Bio Paulin Pierre.

Nama Bio Paulin kembali mencuat ketika namanya tercatat sebagai caleg DPRD Kota Jayapura. Ia bergabung dengan Partai Gerindra.

Pada Pemilu 2024, Bio Paulin maju sebagai calon legislatif untuk pemilihan anggota DPRD Kota Jayapura Daerah Pemilihan (Dapil) 4 untuk wilayah Abepura.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bio Paulin lahir di Nanga Eboko, Kamerun, pada 15 April 1984. Dia mengawali karier sepak bola profesional di Kamerun pada era 2000-an bersama klub Achille FC.

Kemudian Bio Paulin sempat merantau ke Prancis untuk bergabung dengan RC Lens B pada 2002. Kemudian dua tahun berselang kembali ke Kamerun bersama Union Douala selama satu musim dan kembali ke Achille FC pada 2005.

Mitra Kukar FC adalah klub Indonesia pertama yang mendatangkan Bio Paulin. Namun dirinya hanya bertahan selama enam bulan di sana dari Juli 2006.

Perjalanannya berlanjut ke Persipura Jayapura pada awal 2007. Ia jadi salah satu pemain penting Mutiara Hitam selama 10 tahun.

Bio pernah merasakan tiga gelar juara level tertinggi Liga Indonesia pada 2008/2009, 20010/2011, dan 2013. Duetnya dengan Victor Igbonefo sebagai bek tengah jadi salah satu yang paling ikonik sekaligus mengerikan di Indonesia.

Duet Bio Paulin dan Victor Igbonefo sempat hadir pula di Timnas Indonesia. Ini tak lepas dari status perpindahan kewarganegaraan dari Kamerun menjadi WNI yang didapatkan Bio Paulin pada 2015 lalu.

Bio Paulin mencatat debut bersama Timnas Indonesia pada Maret 2015 pada sebuah laga uji coba lawan Myanmar. Ia mencatat satu pertandingan bersama skuad Garuda.

Kemudian perjalanan Bio Paulin di Persipura berakhir ketika Sriwijaya merekrutnya untuk Liga 1 2017. Ia bertahan di sana selama kurang lebih dua musim hingga akhirnya Sriwijaya FC terdegradasi ke Liga 2 pada musim 2018.

Bio Paulin sempat berseragam klub Liga 3, PSGC Ciamis pada 2019. Ia kemudian menyatakan pensiun pada 2020 lalu.

Selepas pensiun, Bio Paulin sempat kembai ke Persipura sebagai asisten pelatih pada musim lalu. Namun seiring dengan berhentinya Liga 2 setelah Tragedi Kanjuruhan, dirinya tak melanjutkan peran di pinggir lapangan.

Kini, Bio Paulin juga tengah memutuskan terjun ke dunia politik dengan menjadi calon legislatif.

[Gambas:Video CNN]

(rhr)

Sumber: www.cnnindonesia.com