Bola  

Persentase Tuan Rumah Juara Piala Asia: 41%

Pelatih Arab Saudi Roberto Mancini menyebut Piala Asia selevel dengan Piala Eropa jelang bergulirnya Piala Asia 2023 di Qatar, 12 Januari-10 Februari.


Jakarta, CNN Indonesia

Piala Asia sudah digelar 17 kali dan ada tujuh edisi saat tuan rumah berhasil jadi juara alias 41 persen dari total penyelenggaraan.

Momen tuan rumah bisa mengamankan gelar juara Piala Asia lebih sering terjadi di edisi-edisi awal. Korea Selatan (1960), Israel (1964), Iran (1968 dan 1976), dan Kuwait (1980) sukses jadi juara saat berstatus sebagai tuan rumah. Dengan demikian, dari tujuh penyelenggaraan awal, lima kali tuan rumah jadi juara.

Namun seiring jumlah tim peserta yang makin bertambah yang membuat pertarungan makin kompetitif, tim-tim tuan rumah tidak lagi banyak yang berhasil jadi juara. Bahkan sejak edisi 1996, hanya ada satu kali tim tuan rumah berhasil jadi juara yaitu Australia pada Piala Asia 2015.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kali ini giliran Qatar yang punya peluang untuk sukses jadi juara saat berstatus sebagai tuan rumah. Qatar bukan hanya berstatus sebagai tuan rumah, melainkan juga berstatus sebagai juara bertahan.

Qatar juga punya modal berharga berupa pengalaman tampil di Piala Dunia 2022 saat mereka bertindak sebagai tuan rumah. Meski tak bisa melaju ke fase knock out, Qatar sudah punya pelajaran berharga bersaing di level elite.

Jelang Piala Asia 2023, Qatar sempat mencatat hasil sensasional di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Mereka menghajar Afghanistan dengan skor 8-1 dan menaklukkan India dengan skor 3-0.

Dalam laga uji coba lawan Kamboja, Qatar juga solid dan berhasil menang 3-0. Namun di uji coba terakhir lawan Yordania, Qatar kalah 1-2.

Hal tersebut bisa jadi pengingat Qatar agar lebih waspada di Piala Asia. Qatar berada di grup A, bersaing dengan China, Tajikistan, dan Lebanon.

[Gambas:Video CNN]

(ptr/jun)

Sumber: www.cnnindonesia.com