Bola  

Pengganti Jurgen Klopp di Liverpool: Xabi Alonso Calon Terkuat?

Nama Xabi Alonso turut larut dalam perbincangan tentang calon pengganti Jurgen Klopp di Liverpool dan diyakini jadi kandidat terkuat.


Jakarta, CNN Indonesia

Seiring keputusan Jurgen Klopp meninggalkan Liverpool di akhir musim, calon pengganti mulai ramai diperbincangkan. Nama Xabi Alonso turut larut dalam perbincangan tersebut dan diyakini jadi kandidat terkuat.

Setelah datang ke Liverpool pada 2015, Klopp akhirnya memutuskan menyudahi petualangannya bersama The Reds. Klopp mengaku kehabisan energi dan butuh jeda sehingga mengambil keputusan krusial ini.

Dengan pemberitahuan bahwa Klopp pergi di akhir musim, Liverpool punya waktu cukup panjang untuk menimbang dan menganalisis calon terbaik sebagai arsitek tim mereka berikutnya. Namun tak lama berselang setelah pemberitahuan tersebut, nama Xabi Alonso lalu mengapung ke permukaan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Xabi Alonso saat ini sedang naik daun bersama Bayer Leverkusen. Saat ini Leverkusen jadi pemimpin Bundesliga dengan koleksi 49 poin, unggul dua angka atas Bayern Munchen. Alonso bisa membawa Leverkusen tak terkalahkan dalam 19 laga yang telah dijalani.

Permainan menawan yang ditunjukkan Leverkusen di bawah arahan Alonso tentu bisa dijadikan modal untuk mengajukan diri sebagai pelatih Liverpool. Hal lain yang jadi faktor penguat, Xabi Alonso mengenal karakter Liverpool dan para pendukungnya.

Xabi Alonso membela Liverpool pada 2004-2009. Ia jadi salah satu sosok penting di balik keberhasilan Liverpool memenangkan trofi Liga Champions 2005.

Xabi Alonso juga jadi salah satu pemain kesayangan suporter Liverpool sampai akhirnya ia pindah ke Real Madrid pada 2009. Xabi Alonso juga diyakini bakal langsung bersedia bila Liverpool memberikan penawaran posisi arsitek tim untuknya.

Salah satu kendala yang mungkin menghambat Alonso adalah ia masih minim pengalaman sebagai pelatih. Dalam riwayat kariernya, ia baru menangani Real Sociedad B dan ditunjuk sebagai pelatih Leverkusen sejak 2022.

[Gambas:Video CNN]

(ptr)

Sumber: www.cnnindonesia.com