Bola  

Pengakuan Pemain Jepang Ao Tanaka Soal Gol yang Disebut Kontroversial

Pencetak gol kedua Jepang Ao Tanaka memberikan pengakuan soal gol ke gawang Spanyol yang disebut kontroversial pada matchday ketiga Piala Dunia 2022.

Jakarta, CNN Indonesia

Pencetak gol kedua Jepang Ao Tanaka memberikan pengakuan soal gol ke gawang Spanyol yang disebut kontroversial pada matchday ketiga Piala Dunia 2022, Jumat (2/12) dini hari WIB.

Tanaka membobol gawang Spanyol untuk membawa Jepang berbalik unggul 2-1 di Stadion Internasional Khalifa. Ia mencetak gol usai menerima umpan Kaoru Mitoma.

Dalam prosesnya gol Tanaka disebut kontroversial karena bola yang ditendang oleh Mitoma dianggap sudah keluar garis lapangan. Namun Video Assistant Referee (VAR) menyatakan bola tetap aktif.

Tanaka pun tak menyia-yiakan peluang emas yang didapatnya. Dengan tenang pemain Fortuna Dusseldorf itu mengarahkan bola ke gawang kosong yang ditinggalkan kiper La Furia Roja, Unai Simon.

“Dari sudut pandang saya, saya pikir bola jelas setengah kelar, tetapi lebih dari itu saya tidak bisa melihat karena kecepatannya,” ujar Tanaka dilansir dari Japan Today.

“Saya berkonsentrasi untuk mencetak gol. Selalu ada kemungkinan bola itu keluar. Tapi pada akhirnya itu adalah gol, jadi bagus,” ia melanjutkan.

Sebelum gol Tanaka, Jepang lebih dulu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-48. Gol dicetak oleh pemain pengganti Ritsu Doan.

Doan berhasil membuat keunggulan Spanyol di babak pertama sirna. Skuad asuhan Luis Enrique bisa unggul lebih dulu lewat gol yang dijaringkan Alvaro Morata.

Kemenangan mengejutkan Jepang atas Spanyol membawa mereka lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai juara grup. Samurai Biru ditemani Spanyol yang finis runner up karena unggul selisih gol atas Jerman meski menang 4-2 atas Kosta Rika.

(jal/ain)







Sumber: www.cnnindonesia.com