Bola  

Peluang Juara Grup 0,15 Persen


Jakarta, CNN Indonesia

Media berbasis data, Football Rankings, memprediksi peluang Timnas Indonesia jadi juara Grup D Piala Asia 2023 hanya 0,15 persen.

Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. Mengacu ranking FIFA, Indonesia merupakan tim terlemah, karena berada di luar posisi 100 besar.

Dalam analisis yang menggunakan NT Prediction Formula, kans Indonesia untuk menjadi juara Grup D hanya 0,15 persen. Artinya pula peluang memuncaki klasemen nyaris nihil.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tak hanya disebut tipis menjadi juara grup, kans menjadi runner up grup juga tipis. Peluang skuad Garuda menempati posisi kedua klasemen hanya sampai 7,12 persen.

Artinya pula peluang lolos tim asuhan Shin Tae Yong ini hanya 7,27 persen. Adapun peluang berada di urutan ketiga cukup besar, 36,82 persen. Sedangkan kans jadi juru kunci 55,91 persen.

Dalam hitungan tersebut Jepang disebut memiliki peluang menjadi juara grup paling besar, yakni 79,84 persen. Adapun peluang menjadi runner up sebesar 19,15 persen.

Peluang Irak dinyatakan paling besar setelah Jepang. Irak disebut memiliki kans jadi juara grup sebesar 19,15 persen, sedangkan menjadi runner up sebanyak 61,14 persen.

Nasib Vietnam tak jauh berbeda dengan Indonesia. Peluang The Golden Dragon jadi juara grup disebut hanya 0,86 persen dan menjadi runner up sebanyak 12,59 persen.




Simulasi Peluang Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. (Tangkapan Layar football-rankings.info)

Peluang terbesar Vietnam adalah menempati peringkat ketiga, yakni 45,94 persen. Sedangkan kans menjadi juru kunci grup juga besar, yaitu sebesar 40,61 persen.

Dalam analisis yang sama disebutkan bahwa peluang Indonesia menjadi juara Piala Asia 2023 adalah nol. Namun, data ini masih baik, menyebut peluang Indonesia ke final 0,06 persen.

Secara keseluruhan, tiga tim yang dianggap terlemah di Piala Asia edisi ke-18 ini adalah Hong Kong, India, dan Indonesia. Malaysia dinilai lebih baik dari Indonesia.

Namun analisis ini tak bisa menjadi acuan. Ini hanya hitungan probabilitas atau kemungkinan, yang ditinjau dari berbagai aspek dan dihitung dalam rumus matematika.

Yang pasti Timnas Indonesia akan melakukan persiapan matang untuk Piala Asia 2023. Rencananya Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan akan berlatih di Turki sejak 20 Desember.

[Gambas:Video CNN]

(abs/har)

Sumber: www.cnnindonesia.com