Bola  

Pele Dipindah ke Ruang Paliatif atau ‘Perawatan Akhir Hayat’

Pele telah dipindahkan ke ruang perawatan paliatif di rumah sakit dan tidak lagi menjalani kemoterapi dalam perjuangannya melawan kanker usus.

Jakarta, CNN Indonesia

Legenda sepak bola Brasil Pele telah dipindahkan ke ruang perawatan paliatif di rumah sakit dan tidak lagi menjalani kemoterapi dalam perjuangannya melawan kanker usus.

Dikutip dari The Guardian, legenda sepak bola berusia 82 tahun itu masuk rumah sakit pada pekan lalu karena menderita pembengkakan dan gagal jantung. Setelah di rumah sakit,  Pele telah menjalani sejumlah tindakan medis.

Namun kini Pele dilaporkan telah dipindahkan ke ruang perawatan paliatif di rumah sakit Albert Einstein di Sao Paulo, Brasil.

Dia dilaporkan tidak lagi menjalani pengobatan kemoterapi dalam perjuangannya melawan kanker usus.

Perawatan paliatif menurut World Health Organization (WHO) adalah pendekatan yang meningkatkan kualitas hidup pasien dan keluarga yang menghadapi masalah kesehatan yang mengancam jiwa.

Melalui perawatan ini dilakukan pencegahan dan tindakan untuk mengurangi nyeri, masalah fisik, sosial, dan spiritual yang dihadapi pasien selama pengobatan. Umumnya, perawatan ini ditujukkan pada pasien kanker dengan stadium lanjut.

[Gambas:Video CNN]

Pele yang bernama lengkap Edson Arantes do Nascimento dianggap oleh banyak orang sebagai pesepakbola yang hebat.

Dia berhasil memenangkan tiga Piala Dunia bersama Brasil pada tahun 1958, 1962 dan 1970, dan mencetak 643 gol dalam 659 pertandingan resmi untuk klub Brasil Santos. Pele juga telah mencetak 77 gol dalam 92 pertandingan untuk timnas Brasil.

(rhr)




Sumber: www.cnnindonesia.com