Bola  

Pelatih Maroko Ejek Spanyol Demi Motivasi Pemain

Pelatih timnas Maroko, Wali Reragui menegaskan penguasaan bola yang dominan tak lantas berbuntut kemenangan.

Jakarta, CNN Indonesia

Pelatih timnas Maroko, Wali Reragui masih optimistis ada keajaiban untuk anak-anak asuhnya menang saat menghadapi Spanyol di babak 16 besar, Selasa (6/12) malam WIB. Bentrok kedua tim akan digelar di Education Stadium, Ar-Rayyan.

Pelatih Maroko Walid Reragui bahkan mengejek Spanyol yang takluk oleh Jepang 1-2 di fase grup. Menurutnya, penguasaan bola yang dominan tak lantas berbuntut kemenangan.

“Mereka menggerakkan bola sehingga lelah. Ketika terjadi kesalahan, saat itulah bergerak. Itu sebabnya saya mengatakan bahwa mentalitas kita sama pentingnya dengan kondisi fisik. Kita harus ingat bahwa Spanyol menguasai bola melawan Jepang dan masih kalah,” ujarnya dikutip dari Mirror, Selasa (6/12).

“Spanyol memiliki 70 persen penguasaan bola. Itu bisa membosankan bagi penonton dan juga membosankan bagi tim lain. Mungkin FIFA harus mulai memberikan poin untuk jumlah penguasaan bola yang dimiliki tim,” ejeknya.

Seperti diketahui, statistik laga Jepang vs Kroasia di laga pamungkas grup, 2 Desember lalu memang dominan milik Spanyol. Dominasi tim Matador tak lantas membuat mereka menang, justru berbalik kekalahan 1-2.

Penguasaan bola bahkan mencapai 83 persen dengan ketimpangan shots on goal 6 banding 12. Tak hanya itu, penguasaan bola dalam passing juga dikuasai Spanyol: 1.058 berbanding 218 passing.

Reragui merupakan pelatih yang punya pengalaman dengan iklim sepak bola Spanyol. Dia menghabiskan dua tahun di La Liga bersama Racing Santander selama karir bermainnya.

Dia mengatakan kepada timnya untuk mengambil inspirasi dari bagaimana Jepang bangkit untuk mengalahkan salah satu favorit Piala Dunia meski hanya memiliki 17 persen penguasaan bola.

“Kami memiliki senjata kami sendiri,” ujarnya.

[Gambas:Video CNN]

(ain/ptr)







Sumber: www.cnnindonesia.com