Bola  

Park Hang Seo Takut Kiper Bikin Blunder

Dang Van Lam belum kebobolan di Piala AFF 2022, tapi Park Hang Seo takut kiper berdarah Vietnam-Rusia itu melakukan blunder melawan Timnas Indonesia.

Jakarta, CNN Indonesia

Pelatih Vietnam Park Hang Seo memberi perhatian khusus untuk kiper Dang Van Lam jelang melawan Indonesia di leg 1 semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jumat (6/1).

Dalam sesi latihan terakhir Vietnam jelang melawan Indonesia, Park Hang Seo menyempatkan waktu untuk berbicara empat mata dengan Dang Van Lam yang merupakan kiper utama tim The Golden Star.

Dang Van Lam memang belum pernah kebobolan sepanjang fase grup Piala AFF 2022, namun kiper berdarah Vietnam-Rusia itu sempat melakukan blunder saat melawan Myanmar.

Saat laga berjalan 12 menit, Dang Van Lam melakukan blunder dengan keluar kotak penalti untuk membuang bola. Padahal sudah bek Do Duy Manh yang mengamankan bola. Hasil sapuan Duy Manh tidak sempurna dan bola jatuh ke kaki pemain Myanmar Lin Htet Soe.

Beruntung bagi Vietnam, tendangan Lin Htet Soe dari tengah lapangan masih tipis di sisi kiri gawang. Van Lam dan Duy Manh sempat berdebat mengenai salah komunikasi itu.

Andai peluang itu masuk, Myanmar sukses menyamakan kedudukan 1-1. Total Dang Van Lam melakukan tiga blunder saat Vietnam mengalahkan Myanmar 3-0.

Tidak ingin kejadian serupa saat Indonesia vs Vietnam, Park Hang Seo mengajak Dang Van Lam berbicara panjang sebelum sesi latihan terakhir di Stadion GBK.

Tanpa ditemani penerjemah, Hang Seo terlihat memberi instruksi bagaimana caranya melakukan komunikasi dengan pemain bertahan ketika situasi saat melawan Myanmar kembali terjadi melawan Indonesia.

Dalam video yang beredar di media sosial, terlihat Van Lam serius mendengar ucapan Hang Seo. Kiper 29 tahun itu beberapa kali menganggukkan kepala ketika Hang Seo berbicara.

“Park Hang Seo memberikan perhatian khusus kepada Dang Van Lam. Mereka berbicara secara pribadi tanpa penerjemah. Pemain paling stabil di tim membuat tiga kesalahan serius dalam kemenangan 3-0 atas Myanmar.”

“Van Lam belum kebobolan satu gol pun di babak penyisihan grup Piala AFF 2022. Namun tiga kesalahan yang dilakukan di laga sebelumnya tak bisa disepelekan oleh sang pelatih kepala,” tulis media Vietnam Zing.

[Gambas:Video CNN]

(har)







Sumber: www.cnnindonesia.com