Bola  

Paripurna DPR Setujui Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On

DPR RI menyetujui permohonan naturalisasi dua calon pemain Timnas Indonesia Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes dalam Sidang Paripurna DPR di Jakarta, Selasa (5/12).

Jakarta, CNN Indonesia

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyetujui permohonan naturalisasi dua calon pemain Timnas Indonesia Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes dalam Sidang Paripurna DPR di Senayan, Jakarta, Selasa (5/12) siang.

Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Paulus selaku pimpinan rapat menyebut Nathan dan Jay sudah mendapat persetujuan dari Komisi III dan X DPR RI. Permohonan naturalisasi keduanya pun diketok palu.

“Sesuai dengan pembahasan Komisi III dan Komisi X memutuskan menyetujui pemberian pertimbangan kewarganegaraan RI kepada Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes,” kata Lodewijk.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Sehubungan dengan itu kami meminta persetujuan apakah permohonan pertimbangan kewarganegaraan RI atas nama Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On dapat disetujui? Setuju!” ucapnya sambil mengetuk palu.

Lodewijk menyebut proses naturalisasi Nathan dan Jay berlanjut ke tahap menunggu Surat Keputusan Presiden. Setelah itu baru diambil sumpah Warga Negara Indonesia.

Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On merupakan dua pemain keturunan Belanda-Indonesia yang masuk rekomendasi PSSI melalui pelatih Shin Tae Yong untuk dinaturalisasi.

Jay Idzes merupakan bek tengah 23 tahun. Jay Idzes saat ini bermain di Serie B Italia bersama Venezia. Jay kelahiran Geldrop, Belanda, pada 2 Juni 2000. Ia memilikidarah keturunan Indonesia dari kakek pihak ibu. Kakek Jay lahir dan besar di kota Semarang.

Sementara Nathan Tjoe-A-One bermain untuk Swansea City, klub asal Wales yang bermain di liga kasta kedua Inggris (Championship). Nathan yang masih 21 tahun bisa bermain sebagai bek kiri dan bek tengah.

Nathan merupakan pemain kelahiran Rotterdam, Belanda, 22 Desember 2001. Ia memiliki garis keturunan Indonesia dari kakek dari pihak ibu. Kakeknya itu berasal dari Semarang, Jawa Tengah.

Jika proses naturalisasi Nathan dan Jay berjalan dengan lancar, keduanya akan bisa masuk daftar pemain Timnas Indonesia yang akan tampil di Piala Asia 2023 (2024).

Piala Asia 2023 akan berlangsung di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

[Gambas:Video CNN]

(abs/har)

Sumber: www.cnnindonesia.com