Bola  

Mungkin Saya Bukan Pelatih Tepat untuk Malaysia?

Kim Pan Gon mengatakan bertanggung jawab atas kegagalan timnas Malaysia usai tersingkir dari Piala Asia 2023.


Jakarta, CNN Indonesia

Kim Pan Gon mengatakan bertanggung jawab atas kegagalan timnas Malaysia usai tersingkir dari Piala Asia 2023 karena kalah dua kali beruntun dari Yordania dan Bahrain.

Kekalahan 0-4 dari Yordania dan 0-1 dari Bahrain di dua laga awal Grup E Piala Asia 2023, Malaysia dipastikan tersingkir dari Piala Asia 2023. Tim Harimau Malaya dipastikan tersingkir dan menjadi juru kunci meski masih akan menghadapi Korea Selatan di laga terakhir.

Kim Pan Gon mengatakan hasil buruk Malaysia di Piala Asia 2023 adalah kesalahannya. Pelatih 54 tahun itu mengaku memberi harapan dan beban terlalu besar.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Tidak ada yang salah dari tim. Ini adalah level terbaik kami. Mungkin saya bukan pelatih yang tepat? Mungkin saya menaruh harapan yang terlalu banyak dan harapan kepada publik Malaysia serta para pemain,” ujar Kim Pan Gon.

“Tapi itu adalah masalah saya, bukan masalah pemain, FAM atau publik. Ini adalah masalah saya,” ucap pelatih asal Korea Selatan itu dikutip dari New Straits Times.

Malaysia selanjutnya akan menghadapi Korea Selatan pada laga terakhir Grup E di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Kamis (25/1). Malaysia berpeluang menelan tiga kekalahan beruntun karena Korea Selatan dalam posisi wajib menang untuk menjaga peluang lolos sebagai juara grup.

Kim Pan Gon menganggap kekalahan demi kekalahan di Piala Asia 2023 bisa jadi pengalaman sangat penting bagi timnas Malaysia.

“Kami harus terbiasa mencium dan merasakan kekalahan yang pahit. Dan hasil ini bisa membantu para pemain membangun fondasi yang bagus untuk masa depan,” ucap Kim Pan Gon.

“Tidak ada yang salah, ini adalah posisi kami sebenarnya. Kami harus menerima realita di mana posisi kami sebenarnya di banding tim-tim lain di pentas Asia,” kata mantan pelatih timnas Hong Kong itu.

[Gambas:Video CNN]

(har)


Sumber: www.cnnindonesia.com