Bola  

Mohamed Salah Cemerlang, Liverpool Menang

Liverpool berhasil mengalahkan Newcastle United dalam laga Liga Inggris di Anfield, Selasa (2/1) pagi WIB. Mohamed Salah jadi bintang di laga ini.


Jakarta, CNN Indonesia

Liverpool berhasil mengalahkan Newcastle United dalam laga Liga Inggris di Anfield, Selasa (2/1) pagi WIB. Mohamed Salah jadi bintang lewat torehan dua gol dan satu assist.

Di babak pertama, Liverpool benar-benar dominan atas Newcastle. The Reds mencatat 10 percobaan tembakan, lima di antaranya tepat sasaran. Sebaliknya, The Magpies tidak bisa memberikan ancaman satu kali pun ke gawang Liverpool.

Namun dari banyaknya peluang yang didapat, Liverpool harus menerima nasib babak pertama berakhir dengan skor imbang tanpa gol. Peluang terbaik Liverpool ada pada saat gol Luis Diaz dianulir dan tendangan penalti Mohamed Salah bisa dibendung oleh Martin Dubravka.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kebuntuan Liverpool akhirnya runtuh di awal babak kedua. Mohamed Salah sukses mencetak gol pembuka juntuk Liverpool di menit ke-49. Gol ini bermula dari skema serangan balik yang cepat plus kinerja apik Luis Diaz, Darwin Nunez, dan Salah.

Luis Diaz menggiring bola mendekati kotak penalti. Ia lalu mengirim bola ke Darwin Nunez yang bergerak di sisi luar, bertukar posisi dengan Salah.

Nunez menerima bola dan langsung memberikan operan ke arah Salah di depan gawang. Salah tak mengalami kesulitan menceploskan bola ke dalam gawang usai menerima umpan matang tersebut.

Setelah mencetak gol, Liverpool makin berusaha agresif menekan Newcastle. Darwin Nunez punya peluang bagus untuk mencetak gol namun berhasil digagalkan oleh Dubravka.

Di tengah upaya gencar Liverpool menggandakan keunggulan, mereka justru kebobolan oleh Newcastle. Alexander Isak jadi sosok yang sukses membobol gawang Alisson Becker di menit ke-54.

Gol ini juga lahir dari skema serangan cepat. Umpan Anthony Gordon membuat Isak lepas dari kawalan lini belakang Liverpool. Isak lalu dengan dingin melakukan penyelesaian akhir.

Jurgen Klopp lalu memasukkan Ryan Gravenberch, Cody Gakpo, dan Diogo Jota secara bersamaan di menit ke-64. Tujuannya agar serangan Liverpool kembali bertenaga dengan masuknya pemain-pemain yang lebih bugar.

Keputusan Klopp terbukti tepat. Liverpool akhirnya bisa kembali unggul di menit ke-74. Kerja sama Diogo Jota dengan Mo Salah berujung pada gol Curtis Jones. Jones dengan mudah mencetak gol karena gawang sudah terbuka lebar.

Empat menit berselang, giliran Cody Gakpo yang memperbesar keunggulan. Mohamed Salah punya andil penting lantaran dengan jeli mengirim assist brilian ke arah Gakpo. Gakpo terbebas dari kawalan bek-bek Newcastle dan berhasil mengirim bola masuk ke gawang.

Newcastle lalu kembali menghadirkan ancaman di menit ke-81. Sven Botman yang ikut naik membantu serangan sukses menyundul bola memanfaatkan umpan Sean Longstaff.

Pada menit ke-86, Liverpool kembali memperlebar keunggulan jadi 4-2. Mohamed Salah mencetak gol kedua di laga ini lewat eksekusi penalti.

Penalti diberikan untuk Liverpool setelah Diogo Jota dijatuhkan Dubravka di kotak penalti. Salah yang sempat gagal mengeksekusi penalti di babak pertama kembali maju sebagai eksekutor. Di kesempatan kedua, Salah berhasil mengecoh Dubravka dan membuat kedudukan jadi 4-2.

Skor 4-2 bertahan hingga akhir laga. Liverpool sukses memenangkan pertandingan lawan Newcastle.

Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3)

Alissson; Trent Alexander Arnold, Ibrahima Konate, Virgil van Dijk, Joe Gomez; Dominik Szoboszlai (Ryan Gravenberch 64), Wataru Endo (Alexis Mac Allister 76), Curtis Jones; Mohamed Salah, Darwin Nunez (Cody Gakpo 64), Luis Diaz (Diogo Jota 64)

Newcastle United (4-3-3)

Martin Dubravka; Tino Livramento, Fabian Schar, Sven Botman, Dan Burn (Jamaal Lascelles 82); Lewos Miley (Miguel Almiron 54), Bruno Guimaraes, Sean Longstaff; Joelinton, Alexander Isak, Anthony Gordon

(ptr)

Sumber: www.cnnindonesia.com