Bola  

Messi Ubah Wajah MLS yang Lusuh

Berikut jadwal Inter Miami yang akan diperkuat Lionel Messi melawan Nashville SC pada final Leagues Cup 2023.


Jakarta, CNN Indonesia

Kehadiran Lionel Messi di Liga Amerika mengubah wajah kompetisi yang lusuh menjadi lebih segar dan diminati banyak pihak.

Don Garber, Komisaris Major League Soccer (MLS), menyebut kehadiran Messi mentransformasi banyak hal. Tingkat ketertarikan penonton akan kompetisi meningkat tajam dari sebelumnya.

“Lionel Messi punya banyak pilihan untuk karier sepak bola ikoniknya. Keputusan besarnya untuk bergabung dengan MLS tidak bisa dilebih-lebihkan,” kata Garber dilansir dari NDTV.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Seorang juara Piala Dunia, pemenang Ballon d’Or delapan kali bermain di liga kami. Kami bukan hanya bagian dari perbincangan global mengenai olahraga namun salah satu kisah terbesar di dunia.”

Salah satu efek yang dirasakan MLS adalah kerja sama dengan Apple TV. Garber menyebut penonton MLS setelah kedatangan Messi meningkat, meski tak memperinci jumlahnya.

Peningkatan yang bisa terukur adalah jumlah penonton di stadion. Kehadiran kapten timnas Argentina itu membuat pertandingan Inter Miami melonjak drastis.

Bahkan rekor jumlah penonton di MLS musim ini terjadi dalam derby Los Angeles antara LA Galaxy kontra Los Angeles FC. Laga pada 4 Juli ini dihadiri 82.110 penonton.

Perkiraan Garber, total penonton MLS mencapai 12 juta. Hadirnya Piala Liga sebagai terobosan baru di MLS juga diklaim menghadirkan euforia baru bagi pecinta sepak bola Amerika.

“Ini adalah sebuah kesuksesan dalam segala hal dan dengan banyak hal yang terjadi pada tahun ini, ternyata melebihi ekspektasi kami,” kata Garber menjelaskan.

“Ini hanyalah permulaan. Ini adalah turnamen yang akan terus berkembang dalam skala, cakupan, dan jangkauan di seluruh dunia pada tahun depan,” ujarnya dengan percaya diri.

Messi resmi bergabung dengan Inter Miami dari Paris Saint-Germain pada 16 Juli 2023. La Pulga, julukan Messi menjalani debut resmi di MLS pada 27 September 2023.

[Gambas:Video CNN]

(abs/rhr)

Sumber: www.cnnindonesia.com