Bola  

Messi Jimat Argentina Lolos Fase Grup, Terpercaya Sejak 2006

Sejak Lionel Messi memperkuat timnas Argentina di Piala Dunia 2006, skuad tim Tango selalu berhasil lolos dari fase grup.

Jakarta, CNN Indonesia

Sejak Lionel Messi memperkuat timnas Argentina di Piala Dunia 2006, skuad tim Tango selalu berhasil lolos dari fase grup.

Argentina adalah negara dengan tradisi sepak bola. Dua gelar juara dunia juga jadi pembuktian Tim Tango.

Kendati demikian Argentina juga memiliki masa kelam di Piala Dunia. Argentina pernah merasakan kegagalan lolos dari fase grup pada 1958 dan 1962.

Yang terkini, Argentina juga pernah terjungkal di Piala Dunia 2002. Ketika pertama kali Piala Dunia diselenggarakan di Asia, La Albiceleste terhenti di fase grup dengan menempati peringkat ketiga dan gagal bersaing melawan Swedia serta Inggris.

Pada Piala Dunia selanjutnya, Messi sudah diikutsertakan. Pelatih Jose Pekerman mempercayai Messi yang masih 18 tahun bermain bersama pemain-pemain senior macam Hernan Crespo, Roberto Ayala, dan Esteban Cambiasso. Argentina pun lolos dari penyisihan grup dan melangkah hingga perempat final.

‘Kesaktian’ Messi membawa Argentina melaju dari fase grup kembali terjadi pada Piala Dunia 2010. Meski tidak mencetak gol, Messi bisa meloloskan Argentina hingga babak perempat final.

Pada Piala Dunia 2014, Messi membawa Argentina hingga babak final dan harus puas finis sebagai runner up.

Empat tahun lalu Argentina juga melangkah dari fase grup dan kemudian kalah di babak 16 besar dari sang juara Prancis.

Pada Piala Dunia 2022, untuk sementara Argentina menempati peringkat kedua di Grup C dengan tiga poin. Kondisi tersebut membuat Argentina belum pasti lolos ke babak 16 besar.

Guna mengamankan langkah memperebutkan gelar juara dunia dan lolos ke babak selanjutnya tanpa bergantung pada negara lain, Argentina harus menang atas Polandia.

[Gambas:Video CNN]

(nva/har)







Sumber: www.cnnindonesia.com