Bola  

Memori Manis Indonesia Imbangi Vietnam Lalu Lolos ke Final Piala AFF

Timnas Indonesia memiliki kenangan manis di Stadion My Dinh, Hanoi jelang laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022 kontra Vietnam, Senin (9/1).

Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia memiliki kenangan manis di Stadion My Dinh, Hanoi jelang laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022 kontra Vietnam, Senin (9/1).

Momen itu terjadi pada babak semifinal Piala AFF 2016 yang juga berlangsung di Stadion My Dinh. Tim Merah Putih bermain imbang 2-2 untuk memastikan langkah ke partai puncak.

Ketika itu, Timnas Indonesia menyambut laga leg kedua usai menang 2-1 atas Vietnam pada leg pertama. Hasil itu membuat Timnas Indonesia yang diarsiteki Alfred Riedl hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke final.

Pertandingan penentuan di markas Vietnam berlangsung sengit. Tuan rumah terus menggempur pertahanan Timnas Indonesia demi membalikkan keadaan.

Namun Timnas Indonesia bisa unggul lebih dulu. Gol yang dicetak Stefano Lilipaly membuat pendukung tuan rumah terdiam saat laga berjalan 54 menit.

Vietnam merespons dengan dua gol balasan dari Vu Van Thanh (83′) dan Vun Min Tuan (90+3′). Skor 2-1 membuat pertandingan harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Pada masa perpanjangan waktu, Timnas Indonesia bisa mencetak gol yang membuat skor imbang 2-2. Tendangan penalti Manahati Lestusen sekaligus jadi penentu langkah tim Garuda lolos ke final.

Sayangnya Timnas Indonesia tidak berhasil keluar sebagai juara. Kekalahan dengan agregat 2-3 dari Thailand dalam dua pertemuan di final membuat Timnas Indonesia harus puas kembali hanya jadi runner up Piala AFF.

[Gambas:Video CNN]

(jal/jun)







Sumber: www.cnnindonesia.com