Bola  

Memori Buruk Argentina Bersama Marciniak Wasit Final Piala Dunia 2022

Szymon Marciniak asal Polandia difavoritkan menjadi wasit final Piala Dunia 2022 yang mempertemukan Argentina vs Prancis.

Jakarta, CNN Indonesia

Komite Wasit FIFA menetapkan pengadil untuk pertandingan final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis yang akan digelar di Lusail Stadium, Minggu (18/12) malam WIB. Dia adalah Szymon Marciniak, seorang wasit asal Polandia.

Marciniak menjadi wasit Polandia pertama yang memimpin pertandingan final Piala Dunia. Dia akan didukung Pawel Sokolnicki dan Tomasz Listkiewicz sebagai asisten. Ofisial keempat adalah Ismail Elfath dari AS dan Tomasz Kwiatkowski dari Polandia akan bertugas di VAR.

Nama Marciniak sontak menjadi sorotan lantaran perjalanan sang wasit yang dinilai tidak menguntungkan tim Argentina. Dia punya memori buruk dengan Argentina di Piala Dunia tahun ini.

Marciniak merupakan wasit yang juga memimpin pertandingan Argentina vs Australia di Babak 16 Besar.

Saat itu, Marciniak memutuskan menolak memberikan penalti untuk Argentina ketika tangan pemain Australia Keanu Baccus mengenai bola di kotak terlarang.

Wasit yang memiliki sertifikat FIFA pada 2011 itu juga pernah menjadi saksi kegagalan Argentina meraih kemenangan di Piala Dunia.

Empat tahun lalu di Rusia, Marciniak memimpin pertandingan Argentina vs Islandia. Marciniak saat itu menyaksikan Lionel Messi gagal mengeksekusi penalti, dan laga berakhir imbang 1-1.

Sepanjang kariernya, Marciniak sudah beberapa kali diberi kepercayaan untuk memimpin partai penting.

Di Euro 2016, Marciniak mewasiti tiga laga. Marciniak juga pernah memimpin partai Piala Super Eropa 2018 yang mempertemukan Real Madrid dan Atletico Madrid.

Nama-nama wasit yang dirilis tersebut juga dikaitkan dengan sosok ketua federasi wasit Polandia,Michal Listkiewicz, mantan pengadil yang pernah menjadi hakim garis di Piala Dunia Italia 1990 saat Argentina berhadapan dengan Jerman.

Sebagai pengadil saat itu, dia menjadi saksi kekalahan Argentina 0-1 dari Jerman lewat gol dari titik putih.

Sementara itu, FIFA memilih wasit perwakilan tuan rumah Qatar, Abdulrahman Al-Jassim untuk memimpin pertandingan perebutan tempat ketiga antara Kroasia versus Maroko, Sabtu (17/12).

Beberapa wasit di Piala Dunia 2022 memang menuai kritik atas penampilan mereka di babak sistem gugur. Salah satunya Antonio Mateu Lahoz yang memberikan 15 kartu kuning kepada pemain di perempat final Argentina melawan Belanda.

Di sisi lain, Federasi Sepak Bola Maroko juga telah mengajukan keluhan kepada  FIFA terkait kinerja wasit Cesar Ramos saat mereka kalah dari Prancis di semifinal.

[Gambas:Video CNN]

(ain)



[Gambas:Video CNN]





Sumber: www.cnnindonesia.com