Bola  

Media Vietnam Soroti Pemain Indonesia Puasa, Sebut Akan Kesulitan

Media Vietnam menyoroti masalah fisik yang mungkin dialami sebagian besar pemain Timnas Indonesia karena harus menjalani ibadah puasa.


Jakarta, CNN Indonesia

Media Vietnam menyoroti masalah fisik yang mungkin dialami sebagian besar pemain Timnas Indonesia karena harus menjalani ibadah puasa.

Vietnam akan menghadapi Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Pertandingan akan digelar pada Kamis (21/3) malam WIB.

“Para pemain puasa setengah hari, Timnas Indonesia akan kesulitan,” tulis Soha dalam artikel yang dipublikasikan pada Selasa (19/3).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Soha memahami, sebagian besar pemain Indonesia yang beragama Islam harus berpuasa hingga matahari terbenam selama Ramadhan yang dimulai 11 Maret hingga 10 April mendatang.

Media Vietnam itu juga menyoroti pola makan yang kurang teratur ketika berpuasa. Seseorang yang menjalani puasa memiliki dua waktu makan besar, yakni Sahur (sebelum fajar) dan Buka Puasa (setelah matahari terbenam).

Soha menganggap jumlah total makanan yang dikonsumsi umat Islam selama Ramadhan sering kali lebih tinggi dari biasanya karena makan banyak di malam hari. Ini diperlukan agar setiap orang dapat mengisi ulang tenaganya.

Kebiasaan berpuasa dianggap kurang mendukung kesehatan pemain. Hal tersebut pernah dialami para pesepakbola top Eropa yang beragama Islam.

“Dengan profesi tertentu, pemain akan terkena dampak serius secara fisik. Banyak bintang musim internasional seperti Nicolas Anelka, Yaya Toure, Samir Nasris, dan Hatem Ben Arfa mengaku rawan cedera dan tidak sehat saat menjalani pertandingan yang berlangsung di bulan Ramadhan,” tulis Soha.

Soha menilai, masalah tersebut akan dialami Indonesia saat berhadapan dengan Vietnam selama Ramadhan. Pada 2021, Shin Tae Yong juga harus menyesuaikan seluruh jadwal latihan hingga larut malam.

Pelatih asal Korea Selatan itu juga harus menurunkan intensitas latihan agar para pemain bisa beradaptasi dengan pola makanan khusus selama Ramadhan. Hal ini sangat mempengaruhi performa tim Indonesia di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Soha juga menyoroti hasil imbang 2-2 yang didapat Indonesia saat menghadapi Burundi pada Maret 2023. Media tersebut menilai hasil imbang melawan tim lemah asal Afrika itu merupakan imbas dari puasa.

[Gambas:Video CNN]

(jun/jal)

Sumber: www.cnnindonesia.com